aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

8 Perlengkapan Wajib dalam Olahraga Panjat Tebing

Perlengkapan Wajib dalam Olahraga Panjat Tebing

Panjat Tebing merupakan olahraga yang dilakukan dengan memanjat tebing yang menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya.

Panjat tebing tergolong dalam olahraga yang memiliki resiko tinggi. Karena itu dibutuhkan beberapa perlengkapan yang wajib untuk digunakan.

Berikut ini beberapa perlengkapan yang wajib untuk digunakan dalam olahraga panjat tebing.

Kernmantle Rope

Perlengkapan pertama sering dikenal dengan sebutan tali karmantel. Kegunaan utama tali karmentel adalah untuk mengamankan diri agar tidak jaturh dari ketinggian tertentu. 

Tali karmantel memiliki rata-rata panjang antara 50 sampai 70 meter. Menurut daya lenturnya, tali karmantel terjadi menjadi dua yaitu dynamic rope dan static rope. 

Jenis dynamic rope mempunyai daya lentur hingga 25% dan umumnya digunakan untuk pemanjatan yang menggunakan teknik lead. Sedangkan jenis static rope mempunyai daya lentur antara 6% hingga 9%.

Ascender

Kegunaan utama ascender adalah untuk membantu dalam menaiki lintasan. Cara kerja dari ascender adalah akan menjadi longgar jika tidak diberi beban dan akan mengunci jika diberi beban.

Ascender menurut pegangannya dibagi menjadi dua macam, yaitu handled ascender (SRT, Petzl Expedition, Ascension) dan non-handled ascender (Gibbs Shunt, Petzl Basic, Croll).

Descender

Kegunaan utama descender adalah untuk membantu menuruni tali. Cara kerja dari descender adalah menahan laju alat dengan tali sehingga nantinya tidak meluncur bebas ke bawah.

Descender menurut cara kerjanya dibagi menjadi dua macam, yaitu manual dan otomatis.

Harness

Kegunaan utama harness adalah untuk penopang dan pengaman tubuh. Digunakan pada bagian pinggang dan alat diikatkan pada tali.

Harness menurut bentuknya dibagi menjadi menjadi tiga macam, yaitu full body harness, seat harness, dan webbing harness.

Full body harness merupakan jenis yang melilit seluruh tubuh yang dilengkapi sangkutan alat di sekeliling pinggang da umumnya digunakan oleh pekerja bangunan. 

Sedangkan, seat harness merupakan jenis yang sering dan banyak digunakan. Dan yang terakhir ada webbing harness.

Carabiner

Carabiner atau sering disebut cincin kait merupakan penghubung antara satu alat dengan alat yang lain. Carabiner terbuat dari aluminium alloy yang ringan tetapi memiliki kekuatan tinggi.

Kekuatan carabiner terletak pada pen-nya. Jika pen sudah longgar, disarankan jangan lagi memakai carabiner tersebut.

Webbing

Webbing merupakan tali yang memiliki bentuk seperti pita. Webbing terbuat dari bahan nilon yang tidak terlalu kaku dan lentur, namun sangat kuat.

Fungsi webbing cukup banyak, yaitu dapat digunakan sebagai pengganti harness, anchor, dan lain-lain.

Chock dan Friend

Kegunaan utama chock adalah untuk pengaman sisip yang dimasukkan pada celah-celah batu sehingga dapat menahan berat badan dari arah tertentu dan memiliki ukuran berbeda-beda.

Bentuk chock juga berbeda-beda, yaitu simetris, segi enam, dan paruh burung. Adanya bentuk yang berbeda-beda, friend sebagai alat pengapitnya dibuat bisa menyesuaikan dengan bentuk celah.

Chalk Bag

Chalk Bag merupakan kantong yang digunakan untuk menampung bubuk magnesium karbonat. 

Kegunaan utamanya bubuk magnesium adalah untuk membantu dalam mengurangi kelembapan akibat keringat pada telapak tangan saat memanjat. Nantinya cengkeraman akan tetap stabil dan kuat.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar