aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen


Meski sama-sama memiliki kata akuntansi, ternyata akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen mempunyai perbedaan yang cukup signifikan.

Sebelum membahas mengenai perbedaan diantara keduanya, penting bagi kita untuk mengetahui arti dari masing-masing komponen.

Akuntansi keuangan merupakan cabang ilmu akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan, perangkuman dan juga pelaporan transaksi yang dihasilkan dari kegiatan perusahaan selama periode tertentu.

Akuntansi manajemen merupakan suatu sistem akuntansi yang berguna untuk kepentingan internal perusahaan. Jika ingin mengetahui secara lebih lengkap kamu bisa baca 7 pengertian akuntansi manajemen menurut para ahli.

Oke, langsung saja.

Mari kita mulai...

Pengguna Laporan

Akuntansi keuangan merupakan sistem akuntansi yang berguna untuk pihak luar atau perusahaan luar kaitannya pengambil keputusan yang berkaitan dengan laporan keuangan.

Misalnya, suatu lembaga ingin melakukan investasi, maka yang dibutuhkan adalah sistem akuntansi keuangan.

Sedangkan, akuntansi manajemen berguna dalam lingkup perusahaan itu sendiri guna pengambilan keputusan untuk pihak yang berwenang.

Sehingga sistem akuntansi manajemen tidak diketahui oleh pihak luar dan hanya orang yang memiliki kepentingan perusahaan yang mengetahuinya.

Tujuan

Akuntansi keuangan memiliki tujuan sebagai laporan keuangan perusahaan yang bisa digunakan untuk menarik investor untuk menginvestasikan uangnya ke perusahaan.

Tidak hanya mengenai investasi, masalah utang juga bisa menggunakan akuntansi keuangan.

Akuntansi manajemen tidak ada hubungannya dengan masalah perusahaan luar. Fokus utama akuntansi manajemen adalah membantu manajemen internal dalam mengambil keputusan.

Ruang Lingkup

Berbicara mengenai ruang lingkup berarti membahas mengenai batasan bahasan dalam akuntansi.

Akuntansi keuangan menampilkan atau menyajikan berbagai laporan keuangan mulai dari neraca keuangan, laporan laba dan rugi dan lain sebagainya.

Berbeda dengan hal tersebut, akuntansi manajemen tidak banyak mengandung informasi keuangan perusahaan. Hanya sebagian yang  bertujuan untuk memberi laporan mengenai masalah produksi atau pemasaran misalnya.

Rentang Waktu

Masalah waktu memang menjadi hal yang sangat penting dalam hal mengelola keuangan.

Akuntansi keuangan memiliki rentang waktu yang relatif tetap. Misalnya 1 periode atau 1 tahun.

Untuk akuntansi manajemen sendiri tidak se-kaku akuntansi keuangan. Penentuan waktunya relatif lebih fleksibel. Bisa harian atau mingguan.

Orientasi Waktu

Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen memiliki orientasi waktu yang berbeda.

Akuntansi keuangan lebih berfokus pada masa lalu dengan pertanggungjawaban manajemen perusahaan.

Akuntansi manajemen berorientasi pada masa depan.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar