aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

7 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Akuntansi manajemen seringkali dianggap dan di samakan dengan akuntansi keuangan.

Padahal keduanya memiliki perbedaan tersendiri.

Pada artikel kali kami akan menyajikan materi mengenai pengertian akuntansi manajemen menurut para ahli.

Mari kita mulai...

Pengertian Akuntansi Manajemen

1. Mulyadi

Pengertian akuntansi manajemen menurut Mulyadi adalah informasi keuangan yang dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen dan dimanfaatkan oleh pemakai internal organisasi.

2. Rudianto (2013:9)

Menjelaskan bahwa akuntansi manajemen merupakan sistem akuntansi yang mana menghasilkan suatu informasi yang ditujukan kepada pihak internal perusahaan, misalnya manajer.

3. Halim dan Supomo (2000:3)

Mengungkapkan bahwa akuntansi manajemen adalah aktivitas yang menghasilkan informasi dalam bentuk keuangan bagi manajemen untuk mengambil keputusan.

4. Firdaus Ahmad dan Wasilah Abdullah (2012:6)

Menyebutkan bahwa akuntansi manajemen merupakan bidang akuntansi yang berkaitan dengan pelaporan keuangan yang berguna untuk pihak internal. Pihak internal ini merupakan pihak yang mempunyai bertanggungjawab terhadap kinerja perusahaan.

5. L. M. Samryn (2012:4)

Menurutnya akuntansi manajemen merupakan bidang akuntansi yang mempunyai fokus pada penyediaan, termasuk dalam hal pengembangan dan penafsiran informasi akuntansi bagi manajer yang digunakan sebagai bahan perencanaan, pengendalian informasi dan juga pengambilan keputusan.

6. Charles T, Homgren

Definisi akuntansi manajemen adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran dan komunikasi tentang informasi yang membantu masing-masing pemangku kepentingan untuk tujuan organisasi.

7. Hansen dan Mowen (2006:9)

Arti akuntansi manajemen adalah suatu alat untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, mengukur, mengklasifikasikan dan juga melaporkan informasi yang bisa bermanfaat untuk internal perusahaan dalam merencanakan, mengendalikan dan mengambil keputusan.

Kesimpulan

Akuntansi manajemen adalah suatu sistem akuntansi yang berguna untuk kepentingan internal perusahaan.


Semoga bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar