aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Teknik Dasar dalam Olahraga Sepak Takraw

Teknik Dasar dalam Olahraga Sepak Takraw

Teknik dalam olahraga ialah proses atau tahapan yang menjadi acuan dasar agar gerakan dapat mudah dipraktikkan dan mendapatkan hasil yang baik dan sempurna.

Dalam berbagai cabang-cabang olahraga memiliki teknik yang dimulai dari tahapan paling mendasar. Seperti halnya dalam olahraga Sepak Takraw.

Berikut ini teknik-tenik dasar dalam olahraga Sepak Takraw beserta penjelasannya.

Sepak Sila

Salah satu jenis teknik dasar yang digunakan untuk sepak takraw salah satunya yaitu sepak sila. Sepak sila berfungsi untuk menendang, menerima dan mengumpan balik serangan bola dari lawan. 

Cara melakukan gerakan sepak sila adalah sebagai berikut:

  • Sikap berdiri dan tegakkan badan
  • Salah satu kaki diangkat setinggi lutut
  • Melakukan gerakan tendangan kaki dari bawah ke atas dengan kecepatan serta arahnya tergantung kebutuhan. 
  • Fokuskan mata ke arah sasaran tujuan

Sepak Kuda atau Sepak Kura

Sepak kuda atau sepak kura ialah teknik dasar sepak takraw dengan peran aktif dari bagian kura kaki atau dengan punggung kaki.

Teknik ini berfungsi untuk mengembalikan bola dari serangan musuh. Teknik sepak kuda juga digunakan untuk mengambil bola saat berada pada posisi rendah.

Sepak Mula

Teknik dasar selanjutnya yaitu sepak mula. Sepak mula ialah gerakan dasar untuk menekong bola ke arah dalam lapangan sisi lawan.

Sepak mula juga menjadi tendangan tanda bahwa pertandingan olahraga sepak takraw dimulai, atau dapat dinamakan sepak servis.

Teknik sepak mula wajib dikuasai oleh setiap pemain sepak takraw, karena teknik gerakan ini menjadi salah satu dari gerakan yang paling utama.

Sepak Cungkil

Sepak cungkil merupakan menyepakan bola dengan menggunakan jari kaki. Berfungsi untuk mengambil bola yang jauh, rendah dan bola yang liar pantulan dari bloking.

Umumnya sepak cungkil dilakukan menggunakan jari-jari kaki untuk mengambil bola takraw yang berada jauh untuk melakukan pantulan liar ke arah sisi lawan seperti bentuk mencungkil.

Menapak

Menapak merupakan teknik menyepak bola menggunakan telapak kaki. 

Berfungsi untuk smash ke pihak lawan, menahan atau membloking smash dari lawan, dan menyelamatkan bola dekat net atau jaring.

Sepak Simpuh atau Sepak Badek 

Sepak badek ialah teknik menyepak bola dengan kaki bagian luar atau samping luar. 

Berfungsi untuk menyelamatkan bola dari pihak lawan dan mengontrol bola untuk penyelamatan.

Mendada 

Mendada merupakan teknik untuk memainkan bola menggunakan dada. Berfungsi untuk mengontrol bola dari serangan lawan agar dapat melanjutkan pertandingan.

Memaha 

Memaha merupakan teknik untuk memainkan bola menggunakan paha dalam usaha mengontrol bola. Berfungsi untuk menahan, menerima ataupun menyelamatkan bola dari serangan lawan.

Membahu 

Membahu merupakan teknik untuk memainkan bola menggunakan bahu dalam usaha mempertahankan dari serangan pihak lawan yang mendadak. Saat pertahanan dalam keadaan terdesak atau dalam posisi yang kurang baik.


Semoga Bermanfaat!


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar