aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Perbedaan Tumbuhan Gymnospermae dan Angiospermae

Perbedaan Tumbuhan Gymnospermae dan Angiospermae

Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang ada di muka bumi, dan memiliki beragam jenis.

Menurut bentuk bijinya, jenis tumbuhan biji vaskular terbagi menjadi dua macam yaitu gymnospermae dan angiospermae.

Lalu apa perbedaan antara gymnospermae dan angiospermae?

Berikut ini perbedaan-perbedaan gymnospermae dan angiospermae. Namun, sebelumnya memahami dulu pengertian dari gymnospermae dan angiospermae.

Gymnospermae

Gymnospermae merupakan tumbuhan dengan serbuk sari yang mampu jatuh langsung ke bakal biji (biji yang belum dibuahi dan bukan kepala putik sebagaimana pada tumbuhan bunga) dan bijinya tidak tertutup oleh buah.

Angiospermae

Angiospermae merupakan tumbuhan berbunga atau kelompok tumbuhan yang menciptakan biji dalam ruang tertutup yang terletak di dalam bunga. 

Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae

Pada Akar

Gymnospermae (berbiji terbuka) memiliki pangkal tunggang, dan untuk angiospaermae akarnya bermacam-macam, dikotil berakar tunggang dan monokotil berakar serabut.

Pada Batang

Untuk gymnospermae, seluruh batangnya yang memiliki kambium. Kambium ialah jaringan tanaman yang terletak di antara floem serta xilem. 

Sedangkan angiospermae (berbiji tertutup), bagian batangnya terdapat kambium serta terdapat pula yang tidak. Tanaman dikotil berkambium serta tanaman monokotil tidak berkambium.

Pada Biji

Gymnospermae memiliki biji yang tidak terlindungi dalam ovarium (bakal buah) sehingga dapat nampak dari luar diantara daun- daun.

Sedangkan ngiospermae, tertutupi oleh daun buah sehingga tidak dapat dilihat dari luar. 

Pada Ovarium

Gymnospermae tidak memiliki ovarium. Tetapi, pada angiospermae memiliki ovarium berbentuk putik.

Pada Bentuk Daun

Untuk gymnospermae memiliki wujud daun yang kaku serta kecil, contoh tanaman gymnospermae ialah Juniver serta Melinjo yang biasa digunakan buat bahan santapan ataupun minuman.

Seadangkan angiospermae (berbiji tertutup), memiliki wujud daun yang pipih serta lebar dengan tulang daun yang bermacam- macam, tanaman dikotil memiliki daun yang menyirip dan jadi.

Berbeda dengan tumbuhan monokotil yang bentuk tulang daunnya sejajar dan melengkung.

Pada Pembuahan

Perbandingan proses pembuahan pada gymnospermae (berbiji terbuka), ialah pembuahan tunggal sebab cuma terjalin satu kali pembuahan saja antara sperma serta ovum.

Pembuahan tunggal cuma terdapat satu sel sperma yang membuahi satu sel telur sehingga terbentuklah zigot.

Sebaliknya pada angiospermae ialah pembuahan ganda, sebab ada 2 inti sperma yang turut andil.

Pembuahan ganda berlangsung 2 kali, yang awal merupakan spermatozoa satu membuahi ovum kemudian menciptakan zigot.

Kemudian, tumbuh jadi biji, kemudian yang kedua yaitu spermatozoa 2 membuahi kandung lembaga sekunder serta menciptakan endospermae yang nanti hendak membentuk daging buah.

Perlengkapan Reproduksi

Untuk gymnospermae (berbiji terbuka), memiliki perlengkapan reproduksi berupa strobilus, strobilus ialah kumpulan sporofil yang membentuk struktur kerucut di ujung tunas fertile (ujung cabang).

Sebaliknya, pada angiospermae memiliki perlengkapan reproduksi berupa bunga yang terdiri dari benang sari selaku perlengkapan kelamin jantan serta putik selaku perlengkapan kelamin betina.

Benang sari memproduksi serbuk sari yang bila masuk ke dalam putik hingga akan terjalin pembuahan (fertilisasi).


Semoga Bermanfaat! 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar