aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

15 Pengertian Obligasi Menurut Para Ahli

Obligasi, Pengertian Obligasi, Pengertian Obligasi Menurut Para Ahli

Perusahaan dalam menjalankan bisnisnya pasti membutuhkan dana yang sangat besar untuk bisa terus bertahan. Salah satu sumber dana paling umum bisa didapatkan dari bank.

Selain bank ada juga sumber modal bagi para pelaku usaha yaitu obligasi yang merupakan salah satu instrumen dalam pasar modal.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian obligasi menurut para ahli.

Mari kita mulai...

Pengertian Obligasi

1. Jonathan B. Berk (2007:212)

Menjelaskan bahwa obligasi merupakan surat berharga yang dijual oleh pemerintah atau bisa juga perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh dana dari investor dengan cara pemberian bunga yang dibayarkan berdasarkan kesepakatan yang ditentukan.

2. Golrida Karyawati (2011:110)

Pengertian obligasi adalah surat utang jangka panjang yang diperjualbelikan di pasar surat berharga.

3. Drs. Bambang Riyanto (1997:128)

Mendefinisikan obligasi sebagai pengakuan utang yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pemerintah atau lembaga lain sebagai pihak yang berhutang yang mempunyai nilai nominal tertentu dan kesanggupan untuk membayar bunga secara periodik berdasarkan persentase tertentu.

4. Rahardjo (2003:8)

Obligasi merupakan produk pengembangan dari surat utang jangka panjang.

5. Irham Fahmi (2013:179)

Arti obligasi yaitu surat berharga yang dijual kepada publik yang mana akan dicantumkan berbagai syarat dan ketentuan (nominal, tingkat suku bunga, jangka waktu dll.) yang terjelaskan dalam undang-undang.

6. Eduardus Tandelin (2010:40)

Menurutnya obligasi adalah sekuritas yang mempunyai isi janji mengenai pembayaran terjadwal yang sudah ditentukan.

7. Adler, Desmon dan Wilson

Obligasi adalah suatu sumber pendanaan yang bisa didapatkan dari pasar modal. Obligasi adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh penerbit kepada investor dimana pihak yang menerbitkan akan memberikan imbal hasil berupa kupon yang dibayarkan secara berkala dan nilai pokok ketika obligasi tersebut sudah jatuh tempo.

8. Yulianingsih (2010)

Mengungkapkan bahwa obligasi merupakan surat pengakuan utang yang diterima oleh perusahaan yang menerbitkan obligasi dari pemodal.

9. Frank J. Fabozzi

Berpendapat bahwa obligasi adalah surat pengakuan utang dari pemerintah atau perusahaan yang akan dibayarkan ketika jatuh tempo sesuai dengan nominalnya. Keuntungan dari obligasi berasal dari tingkat suku bunga.

10. Gitman

Menyatakan bahwa obligasi adalah surat utang jangka panjang yang akan dibayarkan sesuai dengan syarat yang telah ditentukan, seperti jatuh tempo, tingkat suku bunga dan periode pembayaran.

11. Bodie, Kane dan Marcus

Definisi obligasi seringkali disebut dengan fixed-income securities. Karena menawarkan aliran pendapatan kas tetap atau aliran pendapatan kas dengan formula yang sudah ditetapkan sebelumnya. Selain itu, obligasi relatif mudah dipahami sebab besarnya pembayaran sudah ditentukan diawal dan risiko yang ditanggung bisa relatif kecil selma penerbit obligasi bisa dipercaya kaitannya dengan kemampuan membayar utang.

12. Pandji dan Puji (2008:67)

Menyebutkan bahwa obligasi adalah bukti pengakuan utang yang mengandung kontrak antara pihak yang menerima pinjaman dan pemberi pinjaman.

13. Fakhrudin dan Hardianto (2001:15)

Mengartikan obligasi sebagai sertifikat yang berisikan kontrak antara investor (pemberi pinjaman) dan issuer (pinjaman)

14. Keppres RI No. 775/KMK/001/1982

Obligasi merupakan jenis efek yang berbentuk surat pengakuan utang atas suatu pinjaman uang dari masyarakat yang didapat dengan wujud tertentu, dengan tenor minimal 3 tahun dan menjanjikan imbalan bunga yang jumlah beserta pembayarannya sudah ditetapkan sebelumnya.

15. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Obligasi merupakan surat pinjaman dengan bunga tertentu dari pemerintah yang dapat diperjualbelikan atau surat utang berjangka (waktu) lebih dari satu tahun dan bersuku bunga tertentu, dikeluarkan oleh perusahaan untuk menarik dana dari masyarakat guna menutup pembiayaan perusahaan

Kesimpulan

Obligasi merupakan salah satu surat berharga yang berguna untuk mendapatkan dana dengan cara menerbitkan surat tersebut antara pihak yang pemberi pinjaman dan pihak yang menerima pinjaman dengan kontrak yang jelas.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar