aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

17 Pengertian Bank Menurut Para Ahli


Bank merupakan lembaga yang tidak bisa lepas dari urusan keuangan kita. Kegiatan transfer, kartu kredit, menabung bisa dilakukan di bank.

Terlepas banyaknya manfaat dari bank,

Apa kamu tahu arti dari bank itu sendiri?

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian bank menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Kasmir (2008:11)

Pengertian bank menurut Kasmir adalah lembaga keuangan yang aktivitas usahanya menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian menyalurkan dana yang telah dihimpun tadi kepada masyarakat dan juga memberikan jasa-jasa yang lain.

2. Kuncoro (2000:68)

Menjeleaskan bahwa bank merupakan lembaga keuangan yang tugas utamanya menghimpun dana dan menyalurkannya kepada masyarakat luas dalam bentuk kredit dan juga memberikan berbagai jasa lainnya.

3. Prof. G. M. Verryn

Menurutnya, bank merupakan suatu badan usaha yang mempunyai tujuan memberikan kredit, baiik dengan pembiayaan sendiri, dengan dana yang dihasilkan dari orang lain dan juga dengan mengedarkan alat pembayaran berupa uang giral.

4. Hasibuan (2008:7)

Mendeskripsikan bank sebagai badan usaha yang kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan kemudian menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau berbagai bentuk lainnya dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat umum.

5. A. Abdurrachman (2014:6)

Mendefinisikan bank sebagai jenis lembaga keuangan yang melakukan berbagai macam jasa, misalnya pinjaman, mengedarkan dan mengawasi uang, tempat penyimpanan benda berharga dan membiayai usaha perusahaan.

6. Undang-Undang No. 10 Tahun 1998

Pengertian bank menurut undang-undang adalah suatu bahan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan ke masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk yang lain untuk meningkatkan taraf hidup rakyat.

7. Joseph Sinkey (2010:6)

Bank diartikan sebagai lembaga keuangan yang menyediakan berbagai macam jasa keuangan.

8. Taswan (2010:7)

Definisi bank merupakan lembaga yang mempunyai peran sebagai lembaga keuangan antara kelompok yang mempunyai kelebihan dana dengan mereka yang membutuhkan dana. Selain itu, bank juga berfungsi untuk memperlancar pembayaran giral.

9. Darmawi (2012:1)

Arti bank adalah suatu badan usaha finansial yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan juga menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lainnya dalam rangka menaikkan taraf hidup masyarakat banyak.

10. Howard D. Crosse dan George J. Hemple

Mengartikan bank sebagai organisasi yang menggabungkan usaha manusia dan juga sumber keuangan dalam rangka melayani kebutuhan masyarakat dan untuk mendapatkan keuntungan bagi pemiliknya.

11. Dendawijaya (2011:25)

Mengungkapkan bahwa bank yaitu badan usaha yang mempunyai tugas utama menjadi perantara keuangan yang menyalurkan dana dari pihak yang kelebihan dana kepada pihak yang kekurangan dana pada waktu yang ditentukan.

12. Ketut Rindjin (2012:13)

Menyebutkan bahwa bank adalah lembaga keuangan yang usaha utamanya adalah memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu lintas peredaran uang.

13. Dr. B. N. Ajuha

Bank yaitu suatu tempat menyalurkan modal dari pihak yang tidak bisa menggunkannya secara menguntungkan kepada pihak yang lebih produktif untuk keuntungan masyarakat luas.

14. F. E. Perry

Pengertian bank adalah badan usaha yang kegiatan transaksinya berkaitan dengan uang, deposit, menyediakan dana untuk setiap penarikan, melakukan penagihan cek-cek, memberi kredit dan juga menanamkan kelebihan simpanan tersebut sampai digunakan untuk pembayaran kembali.

15. Sommary

Menurutnya, bank merupakan badan yang mempunyai fungsi sebagai pengambil dan pemberi kredit, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

16. Standar Akuntansi Keuangan (2014:6)

Bank adalah lembaga yang mempunyai pera untuk menghubungkan antara kelompok yang mempunyai kelebihan dana dengan kelompok yang membutuhkan dana, dan juga berperan untuk memperlancar lalu lintas pembayaran.

17. Suyatno (2011:25)

Mendeskripsikan bank sebagai badan usaha yang tugas utamanya untuk menciptakan kredit.

Semoga bermanfaat!
DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar