aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Jenis-jenis Angin Tetap yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis Angin Tetap yang Perlu Diketahui

Angin merupakan udara yang bergerak yang disebabkan adanya rotasi bumi dan dapat juga disebabkan perbedaan tekanan udara disekitarnya.

Angin dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok yaitu angin tetap, periodik, dan lokal. Namun, kali akan bahas tentang jenis-jenis angin tetap.

Berikut ini jenis-jenis angin tetap yang ada di permukaan bumi beserta penjelasan.

Angin Barat

Istilah angin barat mungkin masih asing bagi sebagaian orang. Angin barat sendiri merupakan salah satu jenis angin yang tergolong dalam angin tetap.

Pengertian angin barat yaitu angin yang bertiup dari daerah sub-tropis ke kutub sampai garis lintang 60 derajat, baik  itu lintang utara ataupun lintang selatan.

Angin barat biasa bergerak dari arah etesia (daerah perbatasan antara daerah angin pasat dan angin barat), yaitu di sekitar lintang 30 derajat sampai 40 derajat ke arah lintang sedang (lintang 60 derajat) dan merupakan daerah yang memiliki tekanan rendah. 

Angin Timur 

Angin timur merupakan kebalikan dari angin selatan. Angin timur yaitu angin yang berasal dari daerah timur dan terdapat pada batas kutub. Angin ini bersifat dingin karena berasal dari daerah kutub.

Adanya pertemuan antara massa udara panas dan dingin disebut dengan front kutub, hal itu ditandai dengan banyaknya hujan dan angin ribut.

Angin Pasat 

Angin pasat yaitu angin yang berhembus dari daerah maksimum sub-tropis selatan dan utara menuju ke arah khatulistiwa. 

Sesampainya di khatulistiwa, angin pasat akan berbelok sesuai dengan Hukum Buys Ballot. Angin pasat terbagi menjadi 2 jenis yaitu angin pasat tenggara dan angin pasat timur laut.

Angin Anti Pasat 

Angin anti pasat yaitu angin yang arahnya hembusannya berlawanan dengan angin pasat. Seperti di bagian belahan bumi selatan bertiup angin dari barat laut ke tenggara. 

Kemudian, di bumi bagian utara bertiup angin dari barat daya ke timur laut. Adanya arah angin anti pasat dapat dilihat pada arah jenis awan atau arah abu yang ada pada gunung berapi.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar