aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Teknik-teknik Dasar dalam Olahraga Selancar (Surfing)

Teknik-teknik Dasar dalam Olahraga Selancar (Surfing)

Teknik olahraga merupakan sebuah langkah atau tahapan yang menjadi acuan agar gerakan lebih mudah dipraktikkan dan mendapatkan hasil yang sempurna.

Berbagai cabang-cabang olahraga pastinya memiliki teknik yang dimulai dari tahapan paling mendasar. Seperti halnya dalam olahraga Selancar.

Berikut ini teknik-tenik dasar dalam olahraga Selancar beserta penjelasannya.

Mental

Teknik utama dan paling dasar yang wajib dimiliki  ketika surfing adalah mental yang siap. 

Mental sangat berpengaruh saat proses latihan surfing. Karena itu, peselancar harus mempunyai mental pantang menyerah dan tidak takut tantangan.

Keberhasilan olahraga surfing ditentukan olah kemampuan peselancar dalam menaklukkan ombak laut yang tinggi. Maka, semakin tingginya ombak semakin menantang mental peselancar.

Otot

Selain mental, kekuatan otot juga wajib diperlukan dalam berolahraga selancar. Olahraga selancar salah satu termasuk olahraga ekstrim yang butuh kekuatan tubuh yang fit dan prima. 

Faktor penentu keberhasilan dalam menaklukkan ombak adalah kekuatan otot tangan dan kaki. Otot tangan dan kaki berfungsi untuk mengendalikan papan surfing dan bermanuver di atas ombak.

Pemanasan

Teknik pemanasan dinamis dan pemanasan statis pada setiap latihan surfing sangat diperlukan berguna untuk melemaskan otot.

Pemanasan dilakukan untuk menghindari atau mengantisipasi keram pada kaki pada saat melakukan selancar.

Memilih papan selancar

Teknik dalam memilih papan selancar juga perlu diperhatikan terutama untuk pemula. Peselancar tentunya harus mampu mengendalikan papan selancar ketika di atas ombak. Dengan begitu pililah papan selancar yang nyaman ketika digunakan.

Peselancar pemula dianjurkan memilih papan selancar yang panjang dan cukup lebar, berguna untuk mengendalikan dan menjaga keseimbangan di atas ombak.

Paddling

Teknik paddling merupakan gerakan mendayung diatas papan selancar yang berfungsi untuk menangkap ombak. Cara melakukannya yaitu dengan berbaring tengkurap diatas papan surfing dengan posisi kedua tangan mendayung atau mengayuh. 

Latihan teknik paddling dilakukan di tengah pantai untuk membiasakan diri dengan papan surfing dan juga untuk pembelajaran penguasaan ombak ketika di pantai.

Popping Up

Poping up merupakan teknik lanjutan lanjutan setelah melakukan teknik paddling. Teknik poping up yaitu proses gerakan berdiri setelah berbaring. 

Teknik poping up harus dilakukan dengan cepat, karena melatih otot-otot tangan dan kaki dalam menjaga keseimbangan dan usahakan latihan di atas pasir terlebih dahulu.

Stand Up

Teknik stand up merupakan teknik berdiri di atas papan surfing. Posisi berdiri diatas surfing memerlukan tingkat keseimbangan yang tinggi agar tidak tergulung ombak. 

Dalam keseimbangan berdiri, umumnya dapat melakukan di daratan dengan belajar menjaga keseimbangan penguasaan papan surfing di atas bola. 

Keberhasilan melakukan teknik stand up yaitu tenang, pandangan fokus ke depan, dan tidak berdiri tegak diatas papan surfing.

The Hunchback

Teknik the hunchback yaitu teknik untuk menjaga keseimbangan tubuh saat di atas papan surfing. 

Posisi berdiri di atas papan surfing usahakan tubuh sedikit membungkuk untuk menjaga keseimbangan dan megendalikan ombak.

Duck Diving

Teknik duck diving merupakan teknik wajib dikuasai untuk mengantisipasi peselancar melewati ombak ketika mengayuh keluar. 

Teknik ini dilakukan untuk menghindari peselancar kehilangan stamina ketika terhantam ombak yang menggulung.

Board control

Teknik board control yaitu teknik yang mengatur pergerakan papan selancar sesuai arah yang diinginkan.

Ketika melakukan teknik ini, dibutuhkan keseimbangan dan injakan kaki yang kuat pada papan selancar yang stabil.

Memutar Papan

Teknik memutar papan merupakan teknik dasar yang harus dikuasai peselancar. Cara melakukannya yaitu putar papan saat tubuh berada dalam posisi duduk diatas papan surfing dengan menendangkan kaki dan bersiap untuk melakukan kayuhan.

Saat gelombang menerjang, pastikan posisi tubuh menangkap ombak untuk selanjutnya mendekati puncak ombak agar tidak tergulung dalam ombak.   

Mengendarai ombak

Teknik mengendarai ombak dimaksudkan yaitu menguasai jenis dan tipe ombak. Contohnya ketika gelombang miring dan ombak tergolong lemah, kayuhan dapat dilakukan dari sudut sebelah kakan atau kiri, agar tetap berada di depan ombak dengan memanfaatkan energi gelombang.

Kemudian, saat gelombang ekstrem, peselancar harus mengikuti dropline palung datar gelombang. Caranya cukup condongkan berat badan bertumpu kearah gelombang. Dengan begitu akan otomatis membuat manuver ke air dan papan akan mengarah sesuai tujuan.

Memilih Spot Surfing

Memilih spot surfing yang cocok menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dalam belajar surfing terutama untuk pemula.

Bagi pemula, proses belajar dapat terhambat saat spot atau tempat yang dipilih kurang cocok. Seperti contoh tempat yang memiliki ombak yang terlalu tinggi, dan pastikan memilih pantai dengan ketinggian gelombang sekitar 1 sampai dengan 2 kaki saja.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar