aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

13 Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli

Mind Mapping, Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli

Mind mapping sendiri berasal dari dua kata, yaitu mind dan juga mapping. Mind mempunyai arti pikiran dan mapping berarti peta.

Sehingga, secara sederhana mind mapping bisa diartikan sebagai pemetaan pikiran.

Awal mulanya mind mapping ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1970-an oleh Tony Buzan dan juga dikenal dengan nama radiant thinking.

Pengertian Mind Mapping

1. Tony Buzan (2004:4)

Pengertian mind mapping menurut Tony Buzan adalah suatu cara untuk memetakan pikiran dengan mencatat secara kreatif dan efektif.

2. Andri Saleh (2008:100)

Menjelaskan bahwa mind mapping merupakan suatu diagram yang digunakan untuk menggambarkan tema, gagasan maupun ide dalam materi pembelajaran.

3. Melvin L. Silberman

Definisi mind mapping adalah tindakan kreatif yang berhubungan untuk memudahkan seseorang dalam memproduksi ide menari dalam merencanakan penelitian atau pekerjaan.

4. Caroline Edward

Menurutnya mind mapping adalah cara yang efektif dan efisien untuk memasukkan, menyimpan dan juga mengeluarkan suatu data dari otak. Cara ini bekerja sesuai dengan cara kerja alami otak manusia, sehingga bisa memaksimalkan semua potensi otak.

5. Bobby de Porter

Pengertian mind mapping menurut Bobby de Porter adalah suatu metode yang digunakan untuk mencatat secara kreatif dan berfungsi untuk memudahkan kita dalam mengingat banyak informasi.

6. Zampetakis dan Tsironis (2007:35)

Arti mind mapping adalah metode yang bisa digunakan untuk membuat tugas yang awalnya membosankan menjadi lebih menarik, sehingga akan meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

7. Septinaningrum

Menyatakan bahwa mind mapping merupakan teknik yang bisa membiasakan siswa untuk berpikir cepat dalam mengembangkan pengetahuannya.

8. Iwan Sugiarto (2004:74-75)

Mengartikan mind mapping sebagai metode meringkas konsep yang akan dipelajari dan juga di proyeksikan permasalahannya dalam bentuk grafik atau peda sehingga bisa mudah dimengerti.

9. Swadarma (2013:3)

Berpendapat bahwa mind mapping adalah teknik mencatat dan memetakan pikiran secara efektif, efisien, kreatif, mudah dan berdaya guna dalam media pembelajaran.

10. Ausubel

Mind mapping adalah suatu hal yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara konsep yang membentuk proposisi.

Proposisi sendiri merupakan gabungan 2 konsep atau lebih dan dihubungankan dengan kata dalam satu unit semantik.

11. Bagus Taruno Legowo (2009:5)

Mendefinisikan mind mapping sebagai salah satu aktivitas berpikir secara menyeluruh pada otak terhadap pemikiran linier

12. Olivia (2014:7)

Mengungkapkan bahwa mind mapping adalah suatu cara yang bisa digunakan untuk menulis yang lebih menarik secara visual. Sehingga akan akan memudahkan kita dalam menerima informasi dan informasi tersebut akan lebih lama bertahan dalam ingatan.

13. Susanto Windura (2008:16)

Mengemukakan bahwa mind mapping adalah teknis grafis yang bisa digunakan untuk mengeksplorasi seluruh kemampuan otak dalam belajar.

Kesimpulan

Mind mapping merupakan suatu teknik untuk membuat catatan menjadi lebih indah secara visual dan lebih mudah dipahami karena menggunakan grafik dan peta-peta.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar