aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Perbedaan Hiking dan Trekking yang Perlu Diketahui

Perbedaan Hiking dan Trekking yang Perlu Diketahui bagi Para Pecinta Alam

Para pecinta alam pasti tidak asing dengan istilah hiking ataupun trekking. Namun banyak juga yang belum memahami arti istilah tersebut, bahkan menganggap aktivitas hiking dan trekking itu sama saja.

Jika memahami dan meninjau, terdapat banyak perbedaan yang mencolok di antara hiking dan trekking.

Lalu apa perbedaan antara hiking dan trekking?

Berikut ini perbedaan-perbedaan hiking dan trekking. Namun, sebelumnya memahami dulu pengertian dari hiking dan trekking.

Hiking

Hiking merupakan kegiatan atau aktivitas berjalan jauh dengan lintasan yang masih mudah dilalui. 

Lintasan atau jalur hiking sudah dipersiapkan sebelumnya, seperti jalan setapak sampai gang sempit. Jalur atau lintasan sudah termasuk resmi dan terbiasa digunakan untuk kegiatan hiking dan ada titik untuk beristirahat.

Kegiatan hiking masuk ke dalam salah satu kegiatan untuk anak Pramuka.

Didalam kegiatan Pramuka, kegiatan hiking masuk ke dalam agenda acara atau kegiatan.

Trekking

Trekking merupakan kegiatan atau aktivitas menyusuri lintasan di pedalaman suatu daerah. Kegiatan trekking biasanya dilakukan di daerah yang masih jarang terjamah oleh wisatawan dan sedikit penduduk asli.

Lintasan atau jalur trekking lebih panjang ditambah rute perjalanan di daerah minim sarana. Waktu perjalanan trekking pun tidak bisa diprediksi, bisa beberapa hari sampai lebih dari sepekan.

Perbedaan Hiking dan Trekking

Jalur atau Lintasan

Hiking dilakukan pada rute yang sudah ada ataupun jalan setapak yang sudah sudah digunakan kekgiatan hiking sebelumnya.

Sedangkan trekking, jalur belum ditentukan, perjalanan trekking bisa dilakukan lintas wilayah, menjelajahi jalan berlumpur, atau didalam hutan penuh.

Lama Perjalanan

Kegiatan hiking dilakukan dalam dalam waktu yang singkat, bisa satu hari atau dua hari. 

Trekking dilakukan dalam waktu yang lebih lama, bisa sampai satu minggu, satu bulan atau bahkan lebih.

Perlengkapan atau Gear

Dalam kegiatan hiking, hanya membutuhkan satu daypack ukuran medium 26 – 30 ltr, satu botol air tumbler, dan pakaian cadangan (jika dibutuhkan). Jika bermalam, dapat ditambah logistik, tenda, sleeping bag, dan perlengkapan lain yang menyesuaikan.

Sedangkan perlengkapan trekking, jika solo yang diperlukan sebuah ransel ukuran 50 – 60 ltr, tenda, pakaian ganti, perlengkapan memasak, logistik, alat navigasi, obat-obatan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan.

Namun, ketika trekking berkelompok bisa dibagi untuk perlengkapan yang diperlukan pada setiap anggota kelompok agar lebih memudahkan.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar