aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

4 Fungsi Pasar Modal bagi Masyarakat

Fungsi Pasar Modal bagi Masyarakat


Belakangan ini banyak orang di media sosial memposting aktivitas mereka mengenai dunia investasi. Ada yang berinvestasi karena memang keinginan, ada juga yang berinvestasi karena ikut-ikutan.

Tren semacam ini menjadi hal yang banyak dilihat akhir-akhir ini. Entah karena masyarakat kita sudah mulai melek investasi, atau hanya sekedar ikut sana ikut sini.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai fungsi pasar modal untuk masyarakat atau investor.

Mari kita mulai...

Pengertian Pasar Modal

Sebelum membahas mengenai fungsi dari pasar modal itu sendiri, alangkah baiknya kita memahami dulu tentang pengertian pasar modal itu sendiri.

Pasar modal merupakan tempat bertemunya perusahaan yang membutuhkan dana dengan masyarakat yang mempunyai kelebihan dana.

Dari adanya kelebihan dana oleh masyarakat inilah kemudian ada kegiatan investasi.

Fungsi Pasar Modal Bagi Masyarakat

Kemudian, selanjutnya kita mengulik tentang fungsi pasar modal bagi masyarakat.

Media Investasi

Merupakan fungsi paling dasar dari adanya pasar modal. Sebagai media untuk mempertemukan perusahaan yang kekurangan dana dengan masyarakat yang punya dana lebih, hal ini akan membuat jalan yang baik bagi masyarakat untuk menginvestaikan dananya.

Adanya investasi ini membuat dana di masyarakat tidak diam begitu saja tanpa digunakan untuk hal yang bermanfaat. 

Selain itu, perusahaan juga akan mendapatkan dana segar dan dana tersebut bisa dijadikan perusahaan untuk melanjutkan usahanya.

Passive Income

Semua orang pasti menginginkan pendapatan pasif dalam hidupnya. Siapa yang tidak mau jika tanpa perlu bekerja keras, uang akan datang dengan sendirinya.

Bagi yang belum tahu, passive income atau pendapatan pasif merupakan pendapatan yang diperoleh dari hasil melakukan aktivitas pekerjaan seminim mungkin, bahkan tidak bekerja sama sekali.

Namun, hal ini tidak semudah itu. Perlu ketekunan dan kerja keras agar bisa mempunyai pendapatan pasif.

Mendapatkan Keuntungan

Ini banyak dicari oleh masyarakat saat ini ketika berhubungan dengan dunia pasar modal. Keinginan untuk mendapatkan keuntungan sangat bisa dilakukan ketika kita menginvestasikan di pasar modal.

Dalam saham misalnya, terdapat dua sumber keuntungan yang bisa didapatkan.
Pertama, dividen
Kedua, capital gain.

Mata Pencaharian

Kedengarannya sebagai mata pencaharian, pasar modal belum cukup umum ditelinga masyarakat Indonesia saat ini. Tetapi bagi orang yang punya modal besar sangat mungkin bisa dilakukan dengan aktivitas trading.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar