aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

5 Dampak dari Revolusi Prancis bagi Dunia

Dampak dari Revolusi Prancis bagi Dunia

Revolusi Prancis merupakan suatu periode sosial radikal dan pergolakan politik di Prancis yang memiliki dampak abadi terhadap sejarah Prancis, dan terhadap Eropa secara keseluruhan.

Adanya Revolusi Prancis, menimbulkan dampak-dampak yang mempengaruhi perkembangangan di seluruh dunia.

Berikut ini dampak-dampak yang ditimbulkan akibat adanya Revolusi Prancis.


Berkembangnya Ide Supremasi Hukum

Arti dari supremasi hukum yaitu undang-undang dasar yang berlaku pada suatu negara dan merupakan kekuasaan yang tertinggi. Sebelum adanya Revolusi Prancis, sistem hukum di Prancis tidak diberlakukan sama pada setiap orang dan setiap daerah.

Hal tersebut dikarenakan adanya hak istimewa dan tradisi yang berbeda pada setiap daerah. Pada pemerintahan Napoleon lah kemudian hukum diseragamkan pada setiap orang dan setiap daerah.

Karena itu, Napoleon membentuk kitab undang-undang yang disebut “Code Civil” yang kemudian disempurnakan menjadi “Code Napoleon”.

Penghapusan Feodalisme

Adanya penghapusan paham feodalisme secara perlahan-lahan merebak ke seluruh dunia. Dihapusnya feodalisme mengakibatkan tidak ada lagi golongan masyarakat dengan hak dan kewajiban yang berbeda.

Munculnya Ide Pemerintahan Republik

Tercetusnya ide pemerintahan republik dikarenakan pemerintahan kerajaan dianggap kurang tepat. Pada sistem pemerintahan kerajaan, sistem pergantian kekuasaan turun-temurun sudah tidak dapat menjamin kualitas kepala negara.

Oleh karena itu, perlu dibentuk pemerintahan republik dengan kepala pemerintahan dipilih langsung oleh rakyat.

Perkembangan Paham Demokrasi

Berkembangnya paham demokrasi akibat dari pengakuan terhadap hak-hak asasi manusia, terutama dalam kebebasan dan persamaan hak antarmanusia.

Berkembang Paham Liberalisme

Orang penyebar paham liberalisme di Prancis terbesar yaitu Napoleon Bonaparte. Dengan didampingi pasukan yang kuat Napoleon Bonaparte berhasil menaklukkan hampir seluruh wilayah lain di luar eropa.

Dalam wilayah yang didudukinya, Napoleon mendirikan pemerintahan-pemerintahan yang liberal. Jika setelah Napoleon jatuh, ide liberalisme tetap akan hidup dan berkembang di seluruh dunia.


Semoga Bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar