aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

17 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

Sistem Politik, Pengertian Sistem Politik, Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

Sistem politik adalah hal yang harus ada dalam suatu pemerintahan atau negara untuk mendukung arah tujuan negara tersebut.

Dengan sistem politik yang baik, negara akan dengan mudah dalam menentukan kebijakan.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian sistem politik menurut pendapat para ahli.

Mari kita mulai...

1. Gabriel Almond

Pengertian sistem politik menurut Gabriel Almond adalah suatu interaksi yang terjadi dalam masyarakat yang merdeka yang menjalankan fungsi adaptasi dan juga integrasi.

2. Drs. Sukarno

Menjelaskan bahwa sistem politik merupakan gabungan ide dan pendapat yang memformat satu kesatuan yang saling berinteraksi untuk mengatur dan mengelola pemerintahan dan juga melakukan serta menjaga kewenangan dengan cara mengelola seseorang atau kelompok satu sama lain dengan negara dan interaksi negara dengan negara yang lain.

3. Wiku Adisasmito

Mendefinisikan sistem politik sebagai dugaan abstrak dari kekuatan yang berbenturan antara pemerintahan dan negara.

4. Robert A. Dahl

Pengertian sistem politik menurut Robert A. Dahl adalah pola yang tetap dari hubungan antara manusia yang melibatkan sampai dengan tingkat tertentu, kontrol, kekuasaan, pengaruh ataupun kewenangan.

5. Bahrudin Podomi

Menurutnya sistem politik merupakan susunan metode yang mempunyai sifat sistematis, terstruktur dan juga fleksibel terhadap faktor internal dan eksternal.

6. Rusadi Kantaprawira

Pengertian sistem politik menurut Rusadi Kantaprawira adalah prosedur selengkap fungsi atau kontribusi dalam susunan politik dengan berhubungan satu sama lain dan membuktikan prosedur tetap.

7. Samuel P. Huntington

Berpendapat bahwa sistem politik adalah makna, perilaku, penyesuaian dan keyakinan serta kepercayaan mengenai politik dan yang bermakna dalam masyarakat.

8. Sri Sumanti

Pengertian sistem politik menurut Sri Sumanti adalah pelembagaan dari hubungan antarmanusia yang dilembagakan dalam berbagai badan politik,  baik suprastruktur dan infrastruktur.

9. Abdul Kadir

Definisi sistem politik adalah suatu pola interaksi yang tetap, legitimate yang mengikat dan bersifat otoritatif, yang melibatkan kekuasaan, aturan yang luas dan juga signifikan.

10. Jack C. Plano

Pengertian sistem politik menurut Jack C. Plano adalah pola hubungan masyarakat yang dibentuk berdasarkan keputusan yang sah dan dilaksanakan dalam masyarakat tersebut.

11. Prayetno

Arti sistem politik merupakan sejumlah kegiatan politik dalam masyarakat yang berperan dalam transformasi input berupa prosedur yang berkuasa bagi masyarakat.

12. Rusadi Sumintapura

Pengertian sistem politik menurut Rusadi Sumintapura adalah prosedur mengenai fungsi atau kontribusi dalam komponen politik kaitannya dengan saling berinteraksi satu sama lain untuk memberitahukan suatu proses yang tetap.

13. Fredrick W. Frey

Menyebutkan bahwa sistem politik merupakan hubungan dalam suatu masyarakat melalui alokasi nilai otoritatif.

14. David Easton

Pengertian sistem politik menurut David Easton adalah lemba-lembaga dan aktivitas politik dalam masyarakat yang berfungsi mengubah tuntutan, dukungan dan juga sumber menjadi keputusan atau kebijakan yang bersifat sah dan mengikat bagi masyarakat.

15. Sukarna

Beranggapan bahwa sistem politik merupakan tata cara dalam mengatur negara.

16. Bahasa

Sistem politik merupakan hubungan antara pemerintahan dan masyarakat dalam bentuk prosedur pembentukan peraturan dan kepastian yang menyangkut masyarakat yang tinggal dalam satu kawasan.

17. Wikipedia

Sistem politik adalah subsistem dari sistem sosial

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar