aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Krisis Palestina dan Bangladesh pada Era Kontemporer

Krisis Palestina dan Bangladesh pada Era Kontemporer

Konflik benua asia terus berlangsung pada era kontemporer karena disebabkan oleh beberapa faktor. Ada salah satu faktor yang sangat bberpengaruh dalam munculnya konflik di Benua Asia yaitu pengaruh perang dingin.

Konflik pada benua Asia terjadi juga pada dua negara yaitu Palestina dan Bangladesh. Kedua negara memiliki konflik yang sama yaitu kekerisisan yang dialami. Berikut pejelasan krisis yang dialami negara Palestina dan Bangladesh.


Krisis di Palestina 

Konflik Palestina dengan Israel merupakan konflik berkepanjangan yang telah berlangsung selama sekira enam puluh tahun lebih.

Konflik antara Palestina dan Israel berlangsung sejak tahun 1948.

Dalam buku Complete History of the World: Eight Edition (2010) dijelaskan bahwa ini konflik antara Israel dan Palestina adalah perebutan wilayah Jalur Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur. Hingga saat ini serangan Israel ke wilayah Palestina masih sering terjadi.

Konflik ini bermula ketika Inggris membentuk negara Israel yang merupakan negara kaum Yahudi di wilayah Palestina yang didominasi kaum muslim Arab.

Penyerangan-penyerangan di antara kedua belah pihak selalu terjadi. Israel ingin mempertahankan diri dari serangan pejuang Palestina.

Sementara itu, Palestina mengadakan perlawanan karena merasa wilayahnya semakin menyempit.


Krisis di Bangladesh

Wilayah Bangladesh dulunya merupakan wilayah dari negara Pakistan dan disebut dengan Pakistan Timur. Secara kuantitas, jumlah penduduk di Pakistan Timur lebih banyak dibandingkan Pakistan Barat.

Akan tetapi, kekuatan politik didominasi oleh masyarakat Pakistan Barat. Selain itu, pemerintah Pakistan Barat melakukan beberapa kebijakan yang tidak disukai masyarakat Pakistan Timur.

Salah satu kebijakan tersebut adalah meresmikan bahasa "Urdu" sebagai bahasa nasional di Pakistan. Padahal, mayoritas penduduk di Pakistan Timur menggunakan bahasa "Bengali". 

Sejak itu, mulai muncul keinginan rakyat Pakistan Timur untuk memisahkan diri dari Pakistan Barat.

Krisis di Bangladesh berlangsung sejak tahun 1971. Krisis di Bangladesh dimulai ketika Sheikh Mujibur Rahman memproklamasikan berdirinya negara Bangladesh pada tanggal 25 Maret 1971.

Peristiwa tersebut memicu agresi militer Pakistan terhadap Bangladesh. Akhirnya, terjadi perang kemerdekaan Bangladesh pada tanggal 26 Maret - 16 Desember 1971

Dalam perang tersebut, Bangladesh dibantu oleh India dan berhasil mempertahankan kemerdekaannya. 


Semoga Bermanfaat!   

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar