aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

8 Pengertian Debat Menurut Para Ahli


Pengertian Debat

Debat adalah aktivitas yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari, baik dirumah, di sekolah bahkan di tempat tongkrongan.

Perbedaan pendapat menjadi salah satu penyebab debat.

Pada artikel kali ini akan dibahas pengertian debat menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Kamu Besar Bahasa Indonesia

Pengertian debat menurut KBBI adalah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberikan alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

2. G. Sukadi

Menjelaskan bahwa debat merupakan kegiatan saling adu argumentasi antarpribadi atau kelompok untuk mencapai kemenangan sebagai tujuannya.

3. Semi (1994)

Arti debat adalah keterampilan berargumentasi dengan cara membandingkan maupun mengadu pendapat secara berhadapan.

4. J. S. Kamdhi (1995)

Mengungkapkan bahwa debat adalah pertukaran pendapat atau pembahasan mengenai suatu pokok permasalahan dimana setiap peserta memberikan argumentasi untuk mempertahankan pendapatnya.

5. Hendri Guntur Tarigan (1984)

Pengertian debat menurut Hendri Guntur Tarigan adalah aktivitas saling asu argumentasi antarpribdadi atau kelompok dengan tujuan mencapai kemenangan satu pihak.

6. P. Dori Wuwur Hendrikus

Menurutnya debat adalah adu argumen antarindividu maupun antarkelompok yang bertujuan untuk mencapai kemenangan satu pihak.

7. Asidi Dipodjojo (1982)

Pengertian debat menurut Asidi Dipodjojo adalah suatu proses komunikasi yang dilakukan secara lisan yang dinyatakan dengan bahasa untuk berusaha mempertahankan argumentasi, pendapat atau gagasan sehingga pihak yang tidak setuju bisa menerima dan berpihak kepadanya.

8. Wikipedia

Debat merupakan aktivitas argumentasi yang bertujuan untuk menyampaikan pendapat yang berlawanan dengan pendapat orang lain.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar