aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

5 Jenis-jenis Mobilitas Sosial Beserta Contohnya

Jenis-jenis Mobilitas Sosial Beserta Contohnya

Secara umum, mobilitas sosial merupakan suatu gerak perpindahan seseorang atau sekelompok orang dari status sosial satu menuju status sosial lain. 

Adapun pengertian mobilitas sosial menurut para ahli yang telah dirangkum sebelumnya di dalam artikel 14 Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli yang bisa kalian simak didalamnya.

Jika dilihat dari jenis-jenisnya, mobilitas sosial diklasifikasikan atau dikelompokkan berdasarkan jenis-jenisnya. 

Berikut ini jenis-jenis mobilitas sosial mulai dari tipe dan ruang lingkup berserta contohnya. 


Berdasarkan Tipe

1. Mobilitas Sosial Vertikal 

Mobilitas sosial vertikal merupakan perpindahan status individu dari satu kedudukan sosial menuju kedudukan lain yang tidak sederajat.

Jenis mobilitas sosial vertikal dibedakan sebagai berikut.

a. Mobilitas Sosial Vertikal Naik (social climbing)

Mobilitas vertikal naik merupakan perpindahan status individu dari kedudukan rendah menuju kedudukan yang lebih tinggi. Seperti contoh pegawai biasa yang diangkat menjadi manager atau direktur dalam sebuah perusahaan.

b. Mobilitas Sosial Vertikal Turun (sosial sinking)

Mobilitas sosial vertikal turun merupakan perpindahan status individu dari kedudukan yang tinggi menuju kedudukan yang lebih rendah. Contohnya seperti prajurit tentara yang lalai akan pekerjaannya dan kemudian dipecat dari daftar anggota tentara.

2. Mobilitas Sosial Horizontal 

Mobilitas sosial horizontal yaitu perpindahan status individu dari kelompok sosial satu menuju kelompok sosial lain yang masih sederajat.

Contohnya seperti seorang guru desa yang berpidah tempat pekerjaan menjadi guru di kota.

3. Mobilitas Sosial Lateral  

Mobilitas sosial lateral adalah perpindahan status individu atau kelompok dari daerah satu ke daerah lain, tetapi tidak mengubah status seseorang secara langsung.

Mobilitas lateral dibedakan menjadi dua yaitu

a. Mobilitas Permanen

Mobilitas permanen yaitu perpindahan kewilayahan yang bersifat menetap. Contohnya misalkan pak Andi ingin pergi ke Semarang dengan tujuan untuk menetap disana.

b. Mobilitas Tidak Permanen

Mobilitas tidak permanen yaitu perpindahan kewilayahan individu yang bersifat tidak tetap atau dalam jangka waktu pendek. Contohnya misalkan Joni ingin pergi ke Semarang namun hanya sekedar untuk liburan.


Berdasarkan Ruang Lingkup 

Berdasarkan ruang lingkupnya, mobilitas sosial dibedakan menjadi dua jenis berikut.

1. Mobilitas Sosial Intragenerasi 

Mobilitas sosial intragenerasi merupakan perpindahan status sosial yang terjadi dalam satu generasi yang sama. Jenis mobilitas sosial ini terjadi sepanjang hidup seseorang.

Contoh dari mobilitas sosial intragenerasi seperti kakak adik misalnya Andi dan Siti, keduanya bekerja di tempat yang sama tetapi Andi sebagai kakak menjadi karyawan biasa sedangkan adiknya siti menjadi manajer di perusahaan tersebut.

2. Mobilitas Sosial Antargenerasi

Mobilitas sosial intragenerasi merupakan perpindahan status sosial yang terjadi di antara beberapa generasi.

Mobilitas antargenerasi terdiri dari dua bentuk yaitu mobilitas sosial antargenerasi naik dan mobilitas sosial antargenerasi turun.

Contoh mobilitas antar generasi misalnya Andi adalah anak seorang pemulung, kemudian dia menikah dan sudah memiliki anak, kemudian anak Andi dikuliahkan sampai menjadi seorang sarjana dan bekerja menjadi dosen.


Semoga Bermanfaat!

DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar