aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Dampak Positif dan Negatif Nonton TV yang Harus Diketahui

Dampak positif dan negatif dari menonton TV

Menonton TV memanglah sebuah kegiatan yang sering dilakukan oleh seluruh keluarga. Bahkan hampir semua keluarga pasti mempunyai peralatan rumah ini.

Selain sebagai hiburan, menonton TV juga dapat menambah wawasan tentang suatu informasi yang sedang diperbincangkan di khalayak ramai.

Namun, dibalik keasikan kalian menonton TV. Waspadai juga bahwa jangan sampai kalian melakukan kebiasaan berjam-jam menonton TV.

Disamping sebuah gaya hidup pemalas, kebisaan tersebut dapat mengakibatkan dampak buruk untuk kesehatan kita.

Berikut ini telah kami rangkum dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari kita sering menonton TV.

Dampak Positif

Pertama, yang kita bahas adalah dampak positif. Berikut ini dampak-dampak positif dari menonton TV.

1. Mendapat Edukasi

Ternyata dengan menonton TV dapat membuat kita belajar tentang keanekaragaman alam yang ditayangkan. Contohnya seperti acara petualangan dan keindahan alam.

Dengan begitu membuat kita bisa belajar melihat alam yang dunia ini lebih menarik untuk disimak.

2. Meningkatkan Empati 

Didalam acara TV ada adegan atau momen yang membuat kita terharu. Seperti acara berbagi, yang membagikan rezeki kepada orang kurang mampu.

Adanya acara tersebut justru dapat meningkatkan empati terhadap orang yang ada di sekitar kita, dan meningkatkan pekaan terhadap perasaan seseorang.

3. Meningkatkan Kreativitas

Adapun acara TV yang menyajikan informasi yang berguna dan dapat kita praktekkan sampai kita kreasikan sesuai selera. Contohnya seperti acara tentang masak-memasak.

Dengan adanya acara tersebut bisa menjadi suatu referensi kreativitas untuk mengembangkan ide dalam membuatnya.

4. Sarana Hiburan

Setelah kita seharian berkegiatan diluar rumah, stress dengan pekerjaan. Mungkin menonton TV bisa menjadi sarana hiburan dan dapat meredakan stres dan juga bisa menghilangkan kepenatan.

Dampak Negatif 

Berikut ini dampak-dampak negatif yang ditimbulkan kerika kita keseringan atau kelamaan menonton TV.

1. Kelelahan Mata

Dengan menonton TV terlalu lama mengakibatkan kelelahan mata, ditambah lagi jika menyaksikan atau menontonnya di ruangan yang gelap.

Kegiatan memfokuskan mata terlalu lama pada satu obyek dapat membuat mata menjadi lelah.

2. Rawan Obesitas

Kita ketahui, ketika menonton TV terlalu lama otomatis otot atau badan kita juga akan kurang bergerak.

Jika otot atau badan kita diam dalam waktu terlalu lama, tentunya kondisi ini akan menganggu metabolisme tubuh dan akhirnya memicu penambahan berat.

3. Anti Sosial

Dilakukannya kegiatan menonton TV secara terus-menerus, tentunya akan berakibat pengurangan kegiatan kita di luar rumah.

Hal tersebut dapat menjadikan diri kita anti terhadap sosial di sekitar kita dan menjadikan kurangnya interaksi yang terjalin.

4. Tidur Terganggu

Pancaran cahaya yang berasal dari TV ternyata bisa terlalu menstimulasi bagi sistem tubuh kita.

Kondisi tersebut akan mengurangi tingkat hormon melatonin yang akan meningkat pada malam hari saat tingkat pencahayaan alami berkurang.

Hal tersebut kemudian mempengaruhi ritme alami tubuh. Akhirnya terjaga lebih lama, hasilnya terjadi gangguan tidur dan kelelahan yang akut.


Itu tadi beberapa dampak positif dan negatif tentang menonton TV. Namun, seiring berkembangnya teknologi dari masa ke masa, menonton TV bisa kita kurangi dan beralih dengan cara streaming.

Dengan cara streaming tentunya dampak yang ditimbulkan dari menonton TV akan lebih jauh berkurang.

Aplikasi yang streaming yang sangat rekomendasi untuk kalian adalah Burma TV.

Burma TV streaming merupakan sebuah aplikasi yang menyiarkan siaran streaming dengan fitur-fitur lengkap didalamnya.

Burma Tv memilki fitur-fitur, yang pertama yaitu live streaming gratis. Dengan Burma TV kalian akan mendapatkan tontonan yang berkualitas hanya melalui perangkat smartphone saja. Kalian bisa ngunduh Burma TV Apk untuk mulai menonton streaming secara gratis.

Fitur yang kedua yaitu channel bervariasi. Burma TV bukan hanya siaran bola yang kita dapatkan, tetapi juga bisa mendapatkan channel lain seperti drama, film, TV show, dan masih banyak lagi.

Fitur yang terakhir yaitu fasilitas tanpa iklan. Kalian sering terganggu saat menonton banyak iklan? Tenang.. dengan Burma TV telah dilengkapi fitur anti iklan.


Sekian, Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar