aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

17 Pengertian Evaluasi Kinerja Menurut Para Ahli

Pengertian Evaluasi Kinerja, Pengertian Evaluasi Kinerja Menurut Para Ahli
Kinerja dalam menjalankan suatu aktivitas memang penting untuk dinilai. Misalnya kinerja karyawan di sebuah perusahaan.

Penilaian tersebut berguna untuk mengukur kinerja apakah sudah efektif dan efisien atau belum.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian kinerja menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Kreitner dan Kinicki

Pengertian evaluasi kinerja menurut Kreitner dan Kinicki adalah pendapat yang mempunyai sifat evaluatif terhadap sifat, perilaku dan prestasi seseorang sebagai landasan untuk menentukan keputusan dan rencana pembangunan personil.

2. Meggison

Evaluasi kinerja merupakan proses yang digunakan oleh pimpinan untuk menentukan apakah karyawan sudah melakukan pekerjaannya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab.

3. Andew E. Sikula

Evaluasi atau penilaian kinerja diartikan sebagai evaluasi sistematis dari pekerjaan dan potensi yang bisa dikembangkan.

4. Szilagyi dan Wallace

Definisi evaluasi kinerja adalah proses organisasi untuk memperoleh feedback tentang efektivitas karyawan.

5. Soeprihanto

Pengertian evaluasi kinerja adalah suatu sistem yang dipakai untuk menilai dan mengetahui apakah karyawan telah melakukan pekerjaan masing-masing secara keseluruhan.

6. Fisher, Schoenfeldt dan Shaw

Mengartikan evaluasi kinerja sebagai proses kontribusi karyawan terhadap perusahaan atau organisasi yang dinilai berdasarkan periode tertentu.

7. Hasibuan

Menurutnya, evaluasi kinerja adalah kegiatan yang dilakukan oleh manajer untuk mengevaluasi prestasi dan tingkah laku karyawan dan dilakukan penentuan kebijakan untuk kedepan.

8. Milkovich

Mendefinisikan evaluasi kinerja sebagai proses yang dilaksanakan dalam rangka menilai pegawai dan kinerja pegawai adalah tingkatan dimana pegawai mencapai persyaratan kerja yang ditentukan.

9. Mondy dan Noe

Dua ahli tersebut menyatakan bahwa evaluasi kinerja atau penilaian kinerja merupakan tinjauan formal dan proses evaluasi kinerja pegawai maupun tim.

10. Payaman Simanjuntak

Arti evaluasi kinerja adalah penilaian performance atau pelaksanaan tugas seseorang atau kelompok orang atau unit kerja pada organisasi atau juga perusahaan.

11. Handoko

Berpendapat bahwa evaluasi kinerja adalah cara mengukur semua kontribusi karyawan dalam perusahaan atau organisasi.

12. Snell dan Bohlander

Pengertian evaluasi kinerja adalah proses penilaian yang disusun untuk membantu pegawai mengetahui peran, tujuan dan ekspektasi serta kesuksesan kinerja yang dilaksanakan secara berkala.

13. Moh. Pabundu Tika

Menyatakan bahwa evaluasi kinerja adalah hasil fungsi pekerjaan individu atau kelompok di dalam organisasi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor untuk menggapai tujuan organisasi dalam kurun waktu tertentu.

14. Dessler

Evaluasi kinerja didefinisikan sebagai evaluasi karyawan secara relatif pada periode tertentu sesuai dengan standar prestasi.

15. Mathis dan Jackson

Menjelaskan bahwa evaluasi kinerja adalah kegiatan manajer untuk mengevaluasi tingkah laku dan prestasi karyawan dan dilanjutkan dengan menetapkan kebijakan untuk kedepannya.

16. Nawawi

Evaluasi kinerja adalah aktivitas menilai atau mengukur pekerjaan untuk menentukan sukses atau gagalnya individu dalam melaksanakan pekerjaan sesuai bidangnya masing-masing.

17. Newstrom dan Davis

Definisi evaluasi kinerja adalah proses evaluasi pekerja, membagikan informasi dengan mereka dan mencari cara untuk memperbaiki kinerjanya.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts