aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

13 Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Pengertian Wawasan Nusantara, Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Mendengar istilah wawasan nusantara sepertinya sudah tidak asing ditelinga kita. Istilah wawasan nusantara juga bisa disebut dengan wanus.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Wawasan Nusantara merupakan pandangan atau anggapan bahwa Nusantara adalah kepulauan yang merupakan suatu kesatuan, termasuk laut dan selatnya.
Untuk mengetahui lebih jelas mengenai arti wawasan nusantara pastikan kamu membaca sampai bawa ya.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian wawasan nusantara menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Prof. Wan Usman
Pengertian wawasan nusantara menurut Prof. Wan Usman adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri sendiri dan tanah ainya sebagai kepulauan dengan segala aspek yang sangat beragam dalam kehidupan.

2. Munadjat Danusaputro
Definisi wawasan nusantara adalah sebuah cara, yaitu cara dalam memandang, cara dalam memahami, cara dalam menghayati, cara dalam bersikap, cara dalam bertindak dan cara betingkah laku bagi bangsa Indonesia sebagai hasil dari interaksi proses psikologis, sosiokultural dalam definisi yang luas dengan aspek asta grata.

3. Srijanti
Menyakatan bahwa wawasan nusantara merupakan suatu cara pandang dan sikap bangsa Indoensia tentang dirinya yang berbeda-beda dan lingkungan yang berwujud kepulauan atas dasar Pancasila dan UUD 1945.

4. GBHN 1998
Pengerti wawasan nusantara menurut GBHN 1998 adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa kaitannya dengan penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat.

5. Akhadiah Mk.
Menurutnya, wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri sendiri dan lingkungannya sesuai Pancasila dan UUD 1945, sebagai aspirasi bangsa yang merdeka dan berdaulat serta bermartabar di tengah lingkungannya, yang ada dalam jiwa dan mendasari tindak kebijaksanaan dalam mencapai tujuan bangsa.

6. Noor Ms Bakry
Mengartikan wawasan nusantara sebagai cara pandang bangsa Indonesia mengenai dirinya dan lingkungan yang harus sesuai denagn ide nasional Pancasila, sebagai wujud aspirasi bangsa merdeka. berdaulat dan bermartabat ditengah-tengah lingkungannya, yang menjiwai tindak kebijaksanaan dalam menggapai tujuan perjuangan bangsa.

7. M. Panggabean
Arti wawasan nusantara merupakan suatu doktrin bangsa Indonesia dalam mempertahankan kelangsungan hidup negara Indonesia didasarkan pada Pancasila dan UUD 1945 dengan memperhitungkan pengaruh yang ada, seperti geografi, ekonomi, demografi dan teknologi.

8. Sumarsono
Pengertian wawasan nusantara menurut Sumarsono adalah nilai yang menjiwai peraturan perundang-undangan yang berlaku di setiap strata negara Indonesia, sehingga dapat menggambarkan sikap dan perilaku serta nasionalisme yang merupakan jati diri bangsa Indonesia.

9. Lembaga Pertahanan Nasional
Pengertian wawasan nusantara menurut Lembaga Pertahanan Nasional adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia tentang dirinya dan lingkungan yang beragam dan nilai yang strategis dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dan wilyah bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

10. Sukrama
Berpendapat bahwa wawasan nusantara adalah pandangan hidup bangsa Indonesia dalam upaya memanfaatkan konstelasi geografis, sejarah dan sosial budaya untuk mengejewantahkan semua dorongan dan rangsangan dalam usaha pencapaian aspirasi bangsa, kepentingan dan tujuan nasional.

11. Samsul Wahidin
Arti wawasan nusantara merupakan cara pandang, memahami, menghayati, bersikap, bertindak, berpikir dan bertingkah laku bagi bangsa Indonesia sebagai buah interaksi proses psikologis, sosiokultural dalam arti luas dengan aspek asta grata.

12. Winarno
Mendifinisikan wawasan nusantara sebagai cara pandang dan sikap bangsa Indonesia tentang dirinya dan lingkungan, berfokus pada persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuan wilayah dalam menyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

13. Srijanti, Kaelan dan Achmad Zubaidi
Ketiga ahli tersebut meyakini bahwa wawasan nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap dirinya dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan sesuai dengan wilayah nusantara yang menjiwasi kehidupan bansa dalam mencapai cita-cita nasional.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts