aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Perbedaan dan Persamaan Iklan, Slogan dan Poster

Perbedaan Iklan Slogan dan Poster, Persamaan Iklan Slogan dan Poster

Iklan, Slogan dan Poster...

Apa yang kamu ketahui dari ketiga hal tersebut?

Hampir semua orang pernah melihat iklan, slogan dan poster baik disengaja maupun tidak sengaja, saat dirumah maupun diluar rumah, saat sendiri maupun bersama teman.

Misalnya iklan di televisi yang hampir setiap hari saat jeda acara yang kita tonton bisa dilihat, atau iklan di YouTube yang menemani kita saat menonton channel favorit ...

... dan biasanya di dalam iklan tersebut terdapat slogan yang menjadi ciri khas dari produk yang di iklankan.

Contohnya, slogan teh SariWangi yaitu "Mari Bicara", atau

slogan sabun Lifebuoy adalah "Cara Sehat Untuk Mandi"

Selain untuk kebutuhan komersial, terdapat juga iklan lowongan pekerjaan yang digunakan perusahaan untuk mempromosikan bidang pekerjaan yang dibutuhkan.

Lalu bagaimana dengan poster?

Kamu akan menemukan perbedaan ketiga hal tersebut setelah membaca artikel ini.

Mari kita mulai...

Pengertian Iklan, Slogan dan Poster

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ...

Pengertian iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan atau pemberitahuan kepada khalayak ramai mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Sebelum media sosial berkembang pesat seperti sekarang ini perusahaan atau pihak yang mau mengiklankan produknya harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Karena mereka harus mengirimkannya ke majalah atau surat kabar.

Dan biasanya ketika mempromosikan produk disurat kabar itu dihitung perkata, semakin banyak kata semakin mahal.

Tetapi sekarang sudah berbeda ...

... Kita bisa membuat akun media sosial sendiri dan membuat postingan untuk berinteraksi dengan calon konsumen. Promosi produk atau jasa pun menjadi lebih mudah.

Pengertian slogan sendiri adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk menjelaskan suatu ideologi, golongan, organisasi, partai politik atau untuk mengiklankan suatu barang dan jasa.

Slogan ini sering juga disebut sebagai semboyan atau motto.

Slogan bisa membuat masyarakat lebih mudah mengenal suatu produk. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya perusahaan yang menggunakan slogan unik untuk memperkuat citra produk mereka.

Pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum, bisa berupa pengumuman atau iklan.

Poster ini hampir mirip dengan iklan. Kalau iklan identik dengan komersialiasi, poster tidak selalu identik dengan komersialisasi.

Penggunaan poster-poster sering ada di sekolah-sekolah. Misalnya poster untuk menjaga kebersihan, rajin belajar dan lain sebagainya.

Unsur-unsur Iklan, Slogan dan Poster


1. Unsur Iklan
Iklan mempunyai 5 unsur yang biasa disingkat dengan AIDCA, sebagian orang ada yang hanya menggunakan 4 unsur yaitu AIDA.

Tetapi kali kita menggunakan yang 5 unsur.

AIDCA ini adalah singkatan dari Attention (perhatian), Interest (minat) , Disire (keinginan), Conviction (kepercayaan) dan Action (tindakan)

Attention, iklan harus menarik perhatian khayalak ramai terlebih dahulu untuk menimbulkan rasa penasaran bagi calon konsumen.

Interest, setelah penasaran calon konsumen akan akan meletakkan minatnya terhadap produk yang dikeluarkan.

Desire, iklan juga harus menimbulkan keinginan untuk membeli atau memiliki terhadap produk atau jasa.

Conviction, iklan harus menimbulkan rasa percaya dibenak diri calon konsumen, untuk itu sebuah iklan tidak boleh terdapat hal yang mencurigakan.

Action, terakhir adalah tindakan calon konsumen untuk membeli produk atau jasa.

2. Unsur Slogan
Tagline atau slogan bisa memperkuat citra merk agar mudah diingat. Untuk itu perlu memperhatikan unsur-unsur slogan yang baik supaya penerapannya bisa berjalan sesuai harapan.

Berikut adalah unsur-unsur slogan:
a. Slogan bisa ditulis dalam bentuk frasa, klausa maupun kalimat.
b. Menggunakan frasa, klausa atau kalimat yang singkat, padat, jelas dan menarik serta mudah diingat.
c. Berupa motto atau semboyan instansi atau perusahaan.

3. Unsur Poster
Berikut adalah unsur-unsur poster:
a. Menggunakan kalimat yang efektif
b. Menggunakan gambar yang membuat tampilan poster lebih menarik dan mendukung tujuan yang diinginkan
c. Menggunakan kombinasi warna dan huruf
d. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami
e. Tujuan poster harus jelas

Perbedaan Iklan, Slogan dan Poster

Selanjutnya tentang perbedaan. Iklan, slogan dengan poster mempunyai perbedaan yang cukup mendasar.

Apa perbedaan iklan, slogan dan poster?

1. Iklan
- Memberitahukan produk atau jasa kepada banyak orang
- Berbentuk media cetak maupun media daring
- Bisa teks maupun video
- Lebih menonjolkan kelebihan produk atau jasa
- Berusaha membujuk masyarakat untuk membeli

2. Slogan
- Hanya tersusun dari beberapa kata
- Bisa diletakkan di iklan atau poster
- Bisa ditaruh di media apa saja

3. Poster
- Ditempatkan di ruang publik untuk dilihat orang banyak
- Mayoritas menggunakan media kertas
- Menampilkan ide dan gagasan yang menarik

Persamaan Iklan, Slogan dan Poster

Setelah mengetahui perbedaanya, ternyata iklan, slogan dan poster juga mempunyai kesamaan.

Apa persamaan iklan, slogan dengan poster?

Simak penjelasan dibawah ini...

a. Biasanya iklan, slogan dan poster menggunakan kalimat yang tepat dan jelas untuk menggambarkan tujuan yang dimaksud
b. Iklan, slogan dan poster bersifat persuasif yang artinya membujuk secara halus siapa saja yang melihat atau mendengar.

Contoh Iklan, Slogan dan Poster
1. Contoh Iklan
Contoh Iklan Sprite
2. Contoh Slogan
Contoh Slogan Bangga Bayar Pajak
3. Contoh Poster
Contoh Poster Cara Memakai Masker yang Benar

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts