aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

21 Pengertian Empati Menurut Para Ahli

Pengertian Empati
Pengertian empati secara sederhana adalah kemampuan untuk bisa merasakan apa yang orang lain rasakan. Rasa empati ini lebih dalam daripada simpati.

Ketika berempati biasanya disertai tindakan untuk melakukan sesuatu.

Misalnya ada nenek yang menyeberang jalan dan kita berada di dekat nenek tersebut. Ketika kita melihat nenek yang sudah tua dan berjalan sendirian untuk menyeberang jalan pastinya ada perasaan dalam hati yang membuat kita bisa merasakan ada yang nenek itu rasakan.

Sehingga kita tergerak untuk membantuk nenek itu menyeberang.

Kira-kira itu sedikit gambaran tentang empati.

Dan di artikel kali akan dibahas mengenai pengertian empati menurut para ahli.

Mari kita mulai ...

1. Wikipedia

Menurut Wikipedia empati adalah istilah yang berasal dari Bahasa Yunani yang mempunyai arti ketertarikan fisik.

2. Davis

Pengertian empati menurut Davis adalah sebuah reaksi yang cepat dan tidak disengaja serta munculnya perasaan emosional terhadap pengalaman seseorang, dan kemampuan untuk mengenali pengalaman emosional orang lain tanpa adanya media atau perantara.

3. Stein dan Book

Empati merupakan kemampuan menyadari, memahami dan juga menghargai perasaan & pikiran orang.

4. Kohler

Mengartikan empati sebagai kemampuan yang lebih menekankan tentang bagaimana memahami perasaan orang lain daripada melakukan curhat.

5. Alfred Adler

Berpendapat tentang empati yang diartikan sebagai penerimaan terhadap perasaan orang lain dan meletakkan diri kita pada orang tersebut. Intinya menjadi seaakan-akan terbawa dalam perasaan orang lain.

6. Baron & Byrne

Mengatakan bahwa empati merupakan kemampuan seseorang dalam merasakan emosional orang lain, merasakan simpatik, mencoba menyelesaikan masalah dengan mengambil perspektit orang tersebut.

7. Taylor

Empati merupakan sebuah usaha untuk menyelami perasaan orang lain supaya dapat merasakan dan mengerti arti dari perasaan tersebut.

8. George Herbert Mead

Menjelaskan istilah empati merujuk pada bentuk kapasitas untuk mengambil peran orang lain dan mengadopsi perspektif yang dipunyai orang kemudian menghubungkannya dengan diri sendiri.

9. Hurlock

Definisi empati adalah sebuah kemampuan insan untuk mengerti perasaan dan emosi orang lain serta kemampuan untuk membayangkan diri sendiri di tempat orang lain dan menghayati pengalaman orang tersebut.

10. Nancy Eisenberg

Empati merupakan respon afektif yang berasal dari pemahaman terhadap emosi orang lain.

11. Thomas F. Mader & Diane C. Mader

Dua ahli tersebut menjelaskan bahwa pengertian empati merupakan kemampuan manusia dalam berbagi perasaan dengan orang lain yang dilandasi dengan rasa peduli.

12. Daniel Goleman

Menjelaskan bahwa empati adalah kemampuan mengerti emosi yang dirasakan orang lain.

13. Bullmer

Menyatakan bahwa empati merupakan proses yang ada ketika seorang individu bisa merasakan perasaan orang lain dan dapat menangkap makna dari perasaan tersebut. Kemudian dikomunikasikan dengan kepekaan yang menampilkan bahwa orang tersebut benar-benar tahu atau mengerti perasaan orang lain.

14. Eeileen R. dan Syllvia S.

Mengatakan empati adalah kemampuan berfikir yang dimiliki oleh seseorang terkait rasa yang dihasilkan ketika berhubungan dengan orang lain.

15. Leiden, dkk

Definisi dari empati adalah kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi orang lain sehingga seakan-akan menjadi bagian dari orang lain tersebut.

16. Gottman

Menjelaskan empati sebgai kemampuan menempatkan diri dalam kedudukannya dengan orang lain dan memberikan tanggapan sesuai dengan apa yang terjadi.

17. Hoffman

Berpendapat bahwa empati merupakan kemampuan yang terjadi karena manusia memiliki perasaan yang berhubungan dengan situasi dirinya sendiri.

18. Santrock

Menyatakan bahwa empati adalah sebuah keadaan emosi, tetapi memiliki komponen kognitif yang berarti kemampuan untuk dapat memahami keaadaan psikologis pada diri orang lain.

19. Hodges, S.D dan Klien, K.J

Pengertian empati adalah kemampuan untuk menolong orang lain, pengalaman emosi yang sama dengan orang lain, tahu tentang perasaan orang lain.

20. Chaplin

Pengertian empati adalah suatu kegiatan menelaah perasaan sendiri pada kejadian suatu objek alamiah, serta realisai dan pengertian terhadap kebutuhan dan penderitaan orang lain.

21. Staub

Menjelaskan bahwa pengertian empati adalah perasaan simpati dan perhatian terhadap orang lain, khususnya untuk berbagi pengalaman atau secara tidak langsung merasakan penderitaan seseorang.

Semoga bermanfaat!
DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts