aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

9 Pengertian Kriminalitas Menurut Para Ahli

Pengertian Kriminalitas, Kriminalitas
Kriminalitas merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan disekitar kita. Mulai dari pencurian, perampokan bahkan pembunuhan.

Dengan semakin berkembangnya kehidupan, persaingan yang semakin ketat, manusia sekarang dituntut untuk terus melakukan inovasi.

Siapa yang tidak bisa beradaptasi dia yang harus tersingkir lebih dini.

Ketidakmampuan menyesuaikan dengan keaadaan membuat individu berfikir untuk melakukan hal yang instan. Salah satunya dengan pencurian.

Supaya lebih tahu tentang definisi kriminalitas yang lebih luas...

Pada artikel kali ini akan dibahasa mengenai pengertian kriminalitas menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian kriminalitas menurut KBBI adalah hal yang bersifat kriminal atau perbuatan yang melanggar hukum pidana; kejahatan.

2. Kartono

Mengatakan bahwa kriminalitas merupakan semua aktivitas yang ditentang oleh masyarakat karena melanggar hukum, sosial dan agama serta merugikan baik secara ekonomis maupun psikologis.

3. R. Susilo

Menyatakan bahwa kriminalitas yaitu tindakan yang dapat merugikan korban. Namun, terkadang juga merugikan masyarakat karena dapat menghilangkan ketertiban dan ketentraman.

4. Elliat

Mendefinisikan kriminalitas sebagai tingkah laku yang melanggar hukum dan dapat dijatuhi hukuman denda, penjara dan hukuman mati.

5. W.A Bonger

Pengertian kriminalitas adalah perbuatan antisosial yang dilakukan oleh seseorang baik dalam kondisi sadar maupun tidak sadar.

6. Kartini Kartono

Berpendapat bahwa kriminalitas merupakan tindak kejahatan yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar baik pria atau wanita yang dapat merugikan orang lain. Kriminalitas tidak warisan atau bawaan sejak lahir.

7. M. v. T

Kriminalitas adalah perbuatan yang tidak ditentukan dalam undang-undang, sebagai perbuatan pidana, telah dirasakan sebagai onrecht sebagai perbuatan yang bertentangan dengan hukum.

8. Dr. Sahetapy dan Mardjono Reksodipuro

Dua ahli tersebut mendefinisikan kriminalitas sebagai perbuatan yang dilarang oleh hukum publik untuk melindungi masyarakat dan diberi sanksi berupa pidana oleh aparat penegak hukum. Perbuatan tersebut dilarang karena melanggar norma-norma yang ada.

9. Soerjono Soekanto

Kriminalitas adalah suatu tindak kejahatan yang timbul akibat adanya perubahan kondisi ekonomi yang pesat.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar