aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Macam-macam Tendangan Sepak Bola

Tendangan sepak bola
Sepak bola merupakan olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat dunia. Mulai dari pelosok desa sampai kota-kota besar pasti terdapat anak yang menyukainya.

Banyaknya sekolah sepak bola (SSB) juga membuktikan bahwa sepak bola mempunyai peminat yang luar biasa.

Salah satu teknik dasar dalam sepak bola adalah menendang. Yap, menendang bola.

Karena olahraga sepak bola memang olahraga yang menendang bola untuk memasukkan bola kegawang lawan.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai macam macam tendangan sepak bola.

Jenis-jenis tendangan sepak bola terbagi menjadi dua yaitu tendangan bola mati dan tendangan bola hidup.

Tendangan Bola Mati

1. Tendangan pinalti
Tendangan pinalti merupakan tendangan yang dilakukan tanpa ada benteng atau penjagaan di area kotak pinalti dengan jarak 11 meter. Penjaga gawang berhadapan langsung dengan penendang.

Penyebab munculnya tendangan pinalti adalah karena adanya pelanggaran yang dilakukan oleh tim lawan di area pinalti.

Tendangan pinalti pada sepak bola juga bisa disebabkan oleh kedudukan yang seri selama pertandingan meskipun sudah selesai babak tambahan guna untuk menentukan tim pemenang.

2. Tendangan sudut
Tendangan sudut atau corner kick merupakan tendangan dari salah satu sudut lapangan sepak bola. Tendangan ini terjadi ketika bola yang keluar terlebih dahulu menyentuh pemain lawan.

3. Tendangan bebas
Tendangan bebas atau free kick adalah tendangan dari sebuah pelanggaran yang terjadi diluar kotak pinalti. Ada beberapa macam tendangan bebas yaitu:

  • Tendangan bebas jarak jauh
Tendangan bebas jarak jauh dilakukan dengan umpan lambung dan diarahkan ke teman dan tidak ada halangan atau pagar betis dari lawan. Biasanya ini terjadi ketika terjadi pelanggaran di area kita sendiri dan kiper yang mengambil tendangan.

  • Tendangan bebas jarak dekat
Tendangan ini dilakukan dengan jarak yang dekat dan terdapat pagar betis. Penendang bisa melakukan tendangan bola kearah gawang langsung atau bisa juga mengoper kepada teman.

  • Tendangan bebas langsung
Tendangan ini penendang bola berusaha mengarahkan langsung tendangan kearah gawang lawan dengan harapan bisa langsung menectak gol.

  • Tendangan bebas tidak langsung
Berbeda dengan tendangan bebas langsung, tendangan bebas tidak langsung adalah tendangan bebas yang tidak langsung diarahkan ke gawang, melainkan si penendang mengumpan ke temannya untuk mengecoh tim lawan.

4. Tendangan gawang
Tendangan ini terjadi ketika bola yang terakhir keluar tersentuh oleh pemain lawan. Tendangan ini biasanya dilakukan oleh kiper.

5. Tendangan kick off
Tendangan ini merupakan tanda dimulainya pertandingan sepak bola. Terjadi pada babak pertama dan babak kedua. Pada babak tambahan juga ada jika kedudukan masih seri.

Tendangan Bola Hidup

1. Tendangan mengumpan
Tendangan ini merupakan jenis tendangan yang sangat sering dilakukan pada permainan sepak bola. Mengumpan atau bisa juga disebut passing adalah tendangan mengoper bola ke teman se tim untuk membangun serangan guna mencetak gol.

2. Tendangan menembak bola ke gawang lawan
Setelah susah payah melakukan strategi merusak pertahanan lawan dan berhasil menembus ke daerah pertahanan, langkah selanjutnya adalah mencetak gol. Gol tercipta dari tendangan menemba bola ke gawang lawan.

Biasanya hal ini dilakukan oleh striker.

3. Tendangan membuang bola dari daerah pertahanan
Selanjutnya adalah tendangan yang membuang bola dari daerah pertahanan, hal ini lumrah di lakukan oleh pemain bertahan untuk mengamankan posisinya dari ancaman kebobolan.

4. Tendangan menghalau bola
Tendangan menghalau bisa dilakukan dimana saja ketika kondisi berkemungkinan menjadi ancaman bagi tim. Menghalau bola bisa dilakukan dengan membuang bola keluar dari garis lapangan.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts