aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Inilah Beberapa Robot Kuno Yang Diciptakan Pada Masa Lalu

Penciptaan Robot-Robot sudah Dimulai Sejak Dahulu

Inilah Beberapa Robot Kuno Yang Diciptakan Pada Masa Lalu
ming.id

Fiksi ilmiah melukiskan robot sebagai kreasi futuristik berteknologi tinggi, robot bagi kita memiliki kelas yang sangat modern, tetapi tidak dengan robot-robot yang diciptakan pada jaman dulu. Meski memiliki mobilitas yang sangat terbatas tetapi robot-robot pada jaman dulu masih memiliki fungsi lumayan baik, bahkan teknologi jaman dulu banyak menjadi inspirasi bagi para pengembang robot pada jaman modern seperti sekarang ini.

Seperti robot-robot berikut ini, meski terlihat tidak semodern seperti robot pada saat sekarang ini, tetapi robot-robot ini memiliki fungsi yang lumayan menarik.

1. Da Vinci Lion's


Inilah Beberapa Robot Kuno Yang Diciptakan Pada Masa Lalu

Menurut sejarahnya, Leonardo da Vinci menciptakan Robot Singa ini untuk diberikan kepada Raja Francois I oleh komunitas Florentine di kota Lyon Prancis pada tahun 1515, untuk merayakan aliansi baru antara Florence dan Prancis.

Singa mekanik tersebut dapat bergerak dengan sekali sentuhan, secara otomatis dapat berjalan sejauh sepuluh langkah, Lalu menggelengkan kepalanya, membuka mulutnya dan mengibaskan ekornya ke atas dan ke bawah.


2. Karakuri Ningyo



Inilah Beberapa Robot Kuno Yang Diciptakan Pada Masa Lalu

Pada abad ke-17, karakuri ningyo digambarkan sebagai boneka mekanik dengan mobilitas yang terbatas. Boneka mekanik ini biasanya dirancang untuk hiburan yang hanya mampu menciptakan gerakan-gerakan kecil saja.

Kata Karakuri berarti "mekanisme" atau "trik". Dalam Jepang ningyō ditulis sebagai dua karakter yang terpisah, yang berarti orang dan bentuk. Ini mungkin diterjemahkan sebagaiwayang, tetapi juga oleh boneka atau patung .

Karakuri dibagi menjadi tiga macam :
1. Butai Karakuri : yang digunakan dalam pertunjukan teater.
2. Zashiki Karakuri : Jenis ini yang paling kecil dan digunakan di rumah.
3. Dashi Karakuri : digunakan untuk pertunjukan pada Festival-festival  keagamaan.


3. Jaquet-Droz Automata


Inilah Beberapa Robot Kuno Yang Diciptakan Pada Masa Lalu

Automata dirancang dan dibangun oleh Pierre Jaquet-Droz, Henri-Louis Jaquet-Droz dan Jean-Frédéric Leschot sebagai mainan iklan dan hiburan yang dirancang untuk meningkatkan penjualan jam tangan di kalangan bangsawan Eropa pada abad ke-18.

di antara banyak automata yang dibangun oleh keluarga Jaquet-Droz, merujuk pada tiga boneka automata yang dibangun antara 1768 dan 1774.

Terdapat tiga boneka pada gambar diatas dan memiliki fumgsi masing-masing;

A. The Musician 

Inilah Beberapa Robot Kuno Yang Diciptakan Pada Masa Lalu
Musisi dimodelkan sebagai pemain organ wanita. Musik tidak direkam atau dimainkan oleh kotak musik. Tetapi, boneka itu memainkan alat musik asli yang dibuat dengan menekan tombol dengan jari-jarinya. Gerakan dadanya menunjukkan "napas", dan dia mengikuti jari-jarinya dengan kepala dan mata. Robot ini juga membuat beberapa gerakan yang akan dilakukan pemain sungguhan, seperti menyeimbangkan batang tubuh.




B. The Draughtsman
Inilah Beberapa Robot Kuno Yang Diciptakan Pada Masa Lalu

Sang juru gambar dimodelkan sebagai anak kecil, dan mampu menggambar empat gambar yang berbeda.
Perancang bekerja dengan menggunakan sistem kamera yang mengkode gerakan tangan dalam dua dimensi, ditambah satu untuk mengangkat pensil. Otomat juga bergerak di kursinya, dan dia secara berkala meniup pensil untuk menghilangkan debu.

C. The Writer

Inilah Beberapa Robot Kuno Yang Diciptakan Pada Masa Lalu
Penulis adalah yang paling kompleks dari ketiga automata. Menggunakan sistem yang mirip dengan yang digunakan untuk juru gambar untuk setiap huruf, ia dapat menulis teks khusus hingga 40 huruf.

Dia menggunakan bulu angsa untuk menulis, yang dia tinta dari waktu ke waktu, termasuk goyangan pergelangan tangan untuk mencegah tinta tumpah. Matanya mengikuti teks yang sedang ditulis, dan kepalanya bergerak ketika dia mengambil tinta










4. Tipu's Tiger


Inilah Beberapa Robot Kuno Yang Diciptakan Pada Masa Lalu

Menurut cerita, mainan mekanik ini diciptakan pada abad kedelapan belas sebagai hadiah untuk "Sultan Tipu", penguasa Kerajaan Mysore India,  Pada tahun 1799.

Bentuknya menggambarkan seekor harimau yang sedang menerkam seorang prajurit Eropa. Casingnya terbuat dari kayu dan di lukis menyerupai kulit harimau.

Salah satu tangan dari boneka pria itu dapat bergerak seperti mempergakan seolah-olah sedang berupaya untuk membela diri dari terkaman harimau. Kadang-kadang, boneka pria itu mengeluarkan suara seperti jeritan kesakitan dan boneka harimau akan menggeram.

Sultan Tipu sangat menyukai robot itu sehingga harimau itu menjadi simbol pribadinya dan ia sering memainkannya di manapun berada.

Boneka harimau itu juga kadang-kadang mengangkat alis matanya, si perancang memasukkan organ kecil (Organ Alat Musik) yang berisi delapan belas nada pada boneka harimau tersebut, sehingga penggunanya bisa memainkan nada-nada yang berbeda. Sayangnya, organ tersebut telah dikerjakan ulang beberapa kali sejak dibawa ke London dan tidak lagi dalam bentuk aslinya

SEMOGA BERMANFAAT!
DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar