aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Ketahuilah Keistimewaan Sholat Malam di Bulan Ramadhan

Sholat, Tahjud, Sholat Tahajud, Sholat Malam
Ilustrasi Sholat Malam

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh kemuliaan. Segala amal ibadah yang dijalankan akan mendapat pahala yang dilipat gandakan. Setiap kebaikan yang ditaburkan akan membuat kita menuai kebaikan yang tak kalah mengagumkan nantinya.

Pada bulan ini, ada satu shalat istimewa yang hanya ada di bulan Ramadhan yakni shalat tarawih. Rasulullah dan para sahabat serta ulama sejak dahulu menilai ibadah ini penting dan rugi jika dilewatkan.

Baca Juga: 

An Nasa'i dari Abu Hurairah RA meriyawatkan Rasulullah SAW bersabda "Barang siapa mendirikan (shalat) pada bulan Ramadhan karena iman dan ihtisab diampuni baginya dosa-dosa yang telah lalu,".

Nabi Muhammad SAW juga bersabda "Sesungguhnya Allah telah menfardhu-kan puasa Ramadhan dan aku telah men-sunnah-kan bagimu shalat di malam harinya. Maka barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dan shalat sunnah di malam harinya kareka iman dan ihtisab keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya," (HR. Bukhari dan Muslim).

Ibdnu Rusyd dalam Kitab Bidayatul Mujtahid jilid II halaman 152 di bawah judul Qiyamur Ramadhan, menyebut bahwa shalat malam di bulan ini lebih utama daripada bulan-bulan yang lain. Ada dua tipe shalat malam yakni shalat sebelum tengah malam dan tengah malam."

Shalat sebelum tengah malam ini termasuk tarawih. Sementara shalat tengah malam adalah shalat tahajud dan witir.

DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts