aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Khasiat Buah Langka Jamblang/Duwet/Juwet

Khasiat Buah Langka Yaitu Jamblang/Duwet/Juwet
Buah Jamblang atau orang sering menyebut dewet/juwet. Buah ini hidup di daerah tropis, yang saat ini populasinya jarang ditemukan. Dan banyak orang belum mengetahui bahwa buah ini memiliki banyak sekali khasiat/manfaat. 

Memiliki nama ilmiah Syzygium Cumini.  lebih familiyar disebut coppeng di pulau sulawesi, sementara di daerah lain disebut jamblang, atau kadang disebut plum hitam.

Dari segi popularitas, buah ini memang kurang dikenal dari buah-buahan lain semisal jambu, apel, markisa serta lain-lain dan cenderung diabaikan. Tapi buah yang satu ini ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Buah jamblang mengandung banyak vitamin C, zat besi, magnesium, vitamin B, dan serat, serta kalium, vitamin A dan sejumlah kecil protein. Dalam kesehatan, buah ini dapat membantu menjaga kecantikan kulit. memaksimalkan upaya berat badan, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Mari kita bahas satu-satu manfaatnya!

1. Perawatan Kulit
    Dengan banyak vitamin A, vitamin E, dan antioksidan lain di dalamnya, buah ini dapat memperbaiki penampilan kulit dengan mengurangi stres oksidatif dan menurunkan tingkat peradangan.
2. Membersihkan Darah Secara Alami
    Kandungan zat besi dalam buah jamblang memastikan bahwa darah beroksigen dengan jumlah hemoglobin yang baik dapat mencapai seluruh bagian tubuh. Kulit yang bersih adalah tanda darah murni. Menerapkan pasta bubuk biji jamblang bisa mengurangi jerawat

3. Menngkatkan Sistem Imun
    Ada banyak vitamin C dan antioksidan lain dalam buah ini, yang dapat membantu merangsang produksi sel darah putih dan meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh.

4. Baik Untuk Jantung
    Tritepenoid hadir dalam buah jamblang yang berkhasiat menghentikan akumulai atau produksi kolesterol dalam tubuh. Ini penting untuk orang yang sudah mengalami gangguan jantung.
    Jamblang juga mengandung kalium yang merupakan mineral yang diperlukan untuk kesehatan jantung, mencegah gangguan kardiovaskular, hipertensi, dan stroke.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah
    Beberapa komponen dari buah ini sangat penting untuk produksi hemoglobin, yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sirkulasi darah yang sehat.

6. Mengurangi Diabetes
    Jamblang memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini berarti tidak mengacaukan gula darah kita dan mencegahnya tinggi. Jamblang juga memiliki asam oleanolic yang memiliki sifat anti-diabetes yang membantu mengurangi gejala diabetes, seperti buang air kecil dan rasa haus berlebih. Juga memperlambat akumulasi gula dan lipid dalam darah.

7. Menurunkan Berat Badan
    Beberapa orang menggunakan jamblang untuk menurunkan berat badan, karena kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Ini bisa mengoptimalkan pencernaan, serta mencegah Anda makan berlebih.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Kekuatan Tulang
    Buah jamblang mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, zat besi, kalium dan vitamin C. kandungan tersebut membuat buah jamblang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang.

9. Obat Infeksi 
    Bagian lain dari buah jamblang seperti daun, kulit, batang dan biji secara tradisional digunakan sebagai obat infeksi karena bakteri. Tanaman jamblang menyimpan senyawa seperti asam malat, asam galat, asam oksalat dan tanin. Kandungan senyawa tersebut berfungsi sebagai antimalaria, sifat antibakteri dan gastroprotektif.

10. Mencegah Kanker
      Beberapa studi telah menyelidiki sifat chemoprotective dari buah jamblang. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti Jagetia GC menunjukkan bahwa ekstrak buah jamblang mampu menghambat radiasi yang disebabkan oleh generasi radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.


      Jamblang/Duwet/Juwet dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, entah itu dimakan mentah, dinikmati sebagai jus, dan dalam bentuk ekstrak (dari kulit kayu, daun, dan bijinya).
      Meski memiliki manfaat yang manjur, buah coppeng/juwet juga memiliki efek negatif. Ini tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki pembekuan darah, hipoglikemia, dan masalah pernapasan. 
      Buah ini juga dapat menyebabkan batuk, demam, dan nyeri tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Oleh karena disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang saja.

Sekian Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar