aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Penyebab Rambut Beruban pada Remaja

Rambut, Beruban, Remaja
Memiliki warna rambut yang normal menurut usianya adalah harapan hampir semua orang dan biasanya uban terjadi pada umur 30 tahun keatas, munculnya uban disebabkan oleh menurunnya produksi melanocytes yang berkontribusi dalam pembentukan melanin (pigmen warna rambut), ketika usia semakin bertambah, produksi melanocytes semakin berkurang, sehingga membuat warna rambut kian memutih.

Tidak hanya sebagai penunjang penampilan warna rambut juga dapat mencerminkan usia seseorang, seperti orang yang memliki warna rambut hitam berarti masih berusia muda, rambut yang berwarna putih menandakan orang yang mulai memasuki usia tua (wilayah asia).

Baca Juga : 5 Penyebab Lidah Putih dan Cara Mengatasi

Tetapi, ada juga seseorang yang masih remaja namun memiliki warna rambut putih atau biasa disebut uban, beruban pada remaja bisa berdampak pada berkurangnya rasa percaya diri seseorang karena berbeda dengan lingkungan.

Rambut beruban pada usia remaja bisa disebabkab berbagai faktor, Diantaranya sebagai berikut :

  • Faktor genetik: Faktor genetik merupakan bawaan dari lahir yang diturunkan orang tua kepada anaknya, jika penyebab beruban adalah faktor genetik kemungkinan disembuhkanya sangat kecil.
  • Stress: Ini adalah hal yang paling sering dialami remaja masa kini dikarenakan beberapa faktor mulai dari tuntutan disekolah sampai masalah percintaan. Segala bentuk stress akan berdampak pada menurunya produksi sel juga termasuk produksi melanin sebagai pembentuk warna rambut.
  • Asap rokok: Pada asap rokok terdapat radikal bebas yang dapat menurunkan produksi melanin dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan uban pada usia dini.
  • Gaya hidup: Pemakaian shampo yang berlebihan dan minyak rambut berlebihan juga dapat menyebabkan uban dikarenakan kandungan bahan kimia pada produk tersebut.
  • Kurangnya nutrisi: Pola makan empat sehat lima sempurna juga perlu diperhatikan untuk mencukupi kebutuhan tubuh, jika tubuh kekurangan vitamin khusunya vitamin C dan vitamin E yang berperan mengahasilkan melanin berkurang juga dapat menyebabkan uban.

Itulah penyebab rambut beruban pada remaja yang perlu diketahui, silahkan kasih tahu ke teman atau saudara anda supaya dapat mencegahnya karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Semoga bermanfaat!
DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts