aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Jenis-Jenis Bisnis Waralaba yang Perlu Diketahui

Jenis-Jenis Bisnis Waralaba yang Perlu Diketahui

Dalam dunia bisnis, saat ini sangat beragam jenis yang dapat dijalankan. Salah satunya yang saat ini banyak diminati adalah bisnis waralaba atau franchise.

Bisnis waralaba atau franchise adalah jenis usaha yang tidak perlu membangun brand dan menyiapkan berbagai hal untuk dijual, dan cukup memiliki modal saja.

Didalam bisnis waralaba atau franchise terdapat jenis-jenis lain yang akan menjadi pilihan. Namun, sebelum lanjut kedalam pembahasan. Kalian harus memami istilah-istilah berikut ini.

  • Franchise: bisnis waralaba
  • Franchisee: disebut sebagai penerima waralaba atau pihak yang akan menggunakan nama serta menjual produk dari pihak lain.
  • Franchisor: disebut sebagai pihak yang mengizinkan pihak lainnya untuk menjual atau pewaralaba, guna menggunakan hak dan memasarkan produk yang dimilikinya.

Jenis Bisnis Waralaba Secara Umum

Bisnis waralaba jika digolongkan menurut produk yang ditawarkannya, terbagi ke dalam 3 jenis, yaitu :

Waralaba Produk

Waralaba produk merupakan jenis bisnis waralaba yang menawarkan atau menjual sebuah produk atau benda tertentu. Contohnya minuman thai tea, coffee shop, fried chicken, kedai kebab dan lain sebagainya.

Waralaba Jasa

Waralaba jasa merupakan jenis bisnis waralaba yang menawarkan atau menjual produk dalam wujud layanan jasa tertentu. Contohnya seperti salon, tempat les atau pelatihan tertentu, dan lain-lain

Waralaba Gabungan

Waralaba gabungan merupakan jenis bisnis waralaba yang menawarkan atau menjual dengan sistem mencampurkan antara waralaba produk dan jasa dalam penawaran produknya. Contohnya seperti salon yang juga menjual dan memiliki alat kosmetik sendiri.


Waralaba Menurut Lokasi Asal

Bisnis waralaba jika digolongkan berdasarkan lokasi asalnya, terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu:

Waralaba Mancanegara

Waralaba mancanegara merupakan jenis bisnis waralaba yang akan menjual brand yang berasal dari luar negeri. Contohnya adalah McD, KFC, dan yang lainnya.

Waralaba Dalam Negeri

Waralaba dalam negeri merupakan jenis bisnis waralaba yang akan menjual produk hasil karya anak negeri yang sudah memiliki brand yang dikenal di benak masyarakat. Contohnya yaitu indomaret, alfamart dan lain sebagainya.


Jenis Waralaba Berdasarkan International Franchise Association

Terdapat pula bisnis franchise apabila dikelompokkan berdasarkan International Franchise Association (IFA), yakni:

Product Franchise

Adalah usaha waralaba dimana pemilik brand mempunyai pengawasan penuh kepada pihak yang menjual lagi ataupun mendistribusikan produknya. 

Umumnya, antara pihak pemilik dan distributor waralaba tersebut ada kesepakatan berupa pebisnis waralaba atau franchise bisa mendapatkan hak untuk menggunakan merek dan hak ciptanya, namun sebelumnya membayar sejumlah uang dengan nominal tertentu.

Manufacturing Franchisee

Jenis bisnis waralaba yang selanjutnya ini adalah hak yang dipunyai franchisee untuk membuat produksi produk dari brand tertentu yang dipunyai franchisor.

Sebagai pebisnis waralaba mempunyai hak untuk mencampur ataupun mengolah bahan baku yang sudah disediakan oleh pemilik brand tersebut.

Business Opportunity Ventures

Dalam bisnis waralaba jenis ini, kita diwajibkan buat membeli dan menyalurkan atau memasarkan bermacam produk yang berasal dari perusahaan tertentu.

Business Format Franchising

Jenis bisnis waralaba ini, dapat dikatakan sebagai format yang menyeluruh atau lengkap. Nantinya franchisee akan menjual produk milik franchisor dengan melakukan kesepakatan atau cara dan sistem yang dicocokkan dengan franchisor tersebut.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar