aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Jenis-Jenis Sertifikat Kursus dalam Diving (Menyelam)

Jenis-Jenis Sertifikat Kursus dalam Diving (Menyelam)

Diving merupakan salah satu kegiatan olahraga air. Dalam melakukan kegiatan ini diperlukan skill dan peralatan khusus.

Indonesia sendiri memiliki berbagai kursus menyelam untuk mendapatkan sertifikat. Untuk berpartisipasi alangkah baiknya harus memenuhi syarat terlebih dulu.

Jika ingin mendalami ilmu diving, terlebih dahulu pelajari beberapa sertifikat yang bakal di dapatkan selama kursus diving.

Berikut ini jenis-jenis sertifikat kursus dalam diving atau menyelam.

Open Water Diver

Sertifikat ini umumnya diberikan untuk penyelam dengan basic driver atau pada tingkat intermediate, yang merupakan tingkat paling awal pada diving.

Dalam jenjang kursus ini nantinya akan mempelajari tentang pengenalan explore penyelaman, dasar kemampuan scuba, hingga improvement kemampuan. Dengan maksimal kedalaman menyelam yaitu 18 meter dibawah laut.

Advance Diver

Sertifikat ini umumnya diberikan untuk penyelam yang terbukti keterampilan dan kemampuannya. Materi yang dipelajari dalam kursus ini adalah deep dive dan underwater navigation.

Pengalaman yang lebih tinggi juga merupakan ujian kelulusan untuk mendapatkan sertifikat. Kedalaman menyelam maksimum adalah 30 meter di bawah air.

Rescue Diver

Memprioritaskan materi penyelamat selama penyelaman, sehingga mereka dapat belajar menangani masalah penyelam lain. Tidak hanya itu, kursus ini juga mempelajari peralatan yang digunakan selama penyelamatan. Tingkat ini dikenal sebagai two star (2 bintang). 

Dive Master

Bagi penyelam yang memiliki kemampuan dan keterampilan menyelam pada level yang tinggi. Biasanya menjadi pemimpin tim penyelaman, memetakan, memberi pengarahan, dan bertanggung jawab atas lokasi penyelaman.

Sebelumnya, harus mengambil Emergency First Response Primary and Secondary (CPR and first aid). Tingkat ini dikenal sebagai three star (bintang 3).

Instructor

Dalam kursus ini, harus ahli dan menguasai bidang menyelam. Kemudian harus bisa melatih dan sampai mendapatkan penandatanganan sertifikat.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar