aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

5 Jenis Olahraga Yoga yang Cocok Untuk Pemula

Jenis-jenis olahraga yoga yang cocok untuk pemula

Yoga merupakan jenis olahraga tubuh dan pikiran yang memfokuskan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan untuk peningkatan kesehatan mental dan fisik. 

Dalam melakukan setiap gerakan yoga perlu membutuhkan kesabaran dan konsentrasi yang sangat tinggi untuk dapat dilakukan.

Untuk pemula yang masih baru dalam dunia yoga, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai jenis yoga.

Berikut ini akan membahas beberapa jenis yoga yang cocok untuk pemula.

Hatha Yoga

Didalam olahraga yoga, gerakan yang disarankan untuk pemula sebaiknya gerakan yang mudah dan santai. Jenis hatha yoga merupakan salah satu jenis yoga yang terbilang mudah bagi pemula. 

Dikarenakan gerakan didalam hatha yoga cenderung sangat santai dan tidak diperlukan penanganan khusus dari pelatih.

Dalam hatha yoga ada salah satu gerakan yaitu gerakan berdiri tegak kemudian buka kaki selebar mungkin dengan sedikit kaki ditekuk di salah satu sisi. 

Lalu, rentangkan tangan secara perlahan ke arah samping hingga paru-paru terasa terbuka. Kemudian ambil nafas yang panjang dan dalam guna menyelaraskan pernafasan.

Yin Yoga

Utuk pemula yang malas untuk bergerak, jenis yin yoga bisa menjadi alternatif yang cocok. Karena, gerakan yang ada pada yin yoga dominannya yaitu gerakan meditasi. 

Dalam melakukan satu gerakan yang sama bisa sampai 4 hingga 6 menit lamanya. Karena gerakan yin yoga mengutamakan konsentrasi dan rileksasi. 

Salah satu gerakan dalam yin yoga yaitu posisi seperti sujud, tetapi kedua tangan menumpu berat badan layaknya gerakan berdoa dalam agama Buddha.

Hot Yoga

Untuk pemula yang ingin mendapatkan tubuh yang kencang, wajib mencoba hot yoga. Karena, dalam hot yoga dilakukan di dalam ruangan dengan suhu mencapai 40 sampai 45 derajat Celcius. 

Olahraga yoga dalam ruangan mengakibatkan jumlah keringat yang keluar akan jauh lebih banyak dibandingkan yoga biasa. Tetapi hot yoga akan membuat tubuh tampak lebih segar dan muda.

Ashtanga Yoga

Jenis ashtanga yoga sebetulnya salah satu jenis yoga yang agak sulit dilakukan bagi pemula. Tetapi, sangat disarankan, Karena dilakukan dengan gerakan yang lebih memfokuskan pada kelenturan dan ketenangan tubuh. 

Disamping membuat badan menjadi lebih lentur, jenis yoga ini juga dapat membuang semua racun di dalam tubuh sehingga menyebabkan tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Restorative Yoga

Jenis restorative yoga merupakan salah satu yoga favorit bagi para pemula. Dan untuk melakukan restorative yoga diperlukan matras, bantalan, dan blok. 

Untuk gerakan dalam restorative yoga menfokuskan ketenangan dan penyegaran pikiran sehingga lebih banyak melakukan gerakan berbaring seperti orang tidur.


Semoga Bermanfaat!


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar