aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

5 Teknik Dasar dalam Olahraga Tolak Peluru

Teknik-teknik Dasar dalam Olahraga Tolak Peluru

Teknik olahraga merupakan suatu tahapan atau cara yang dijadikan pedoman agar gerakan lebih mudah dipraktikkan dan mendapatkan hasil yang sempurna.

Berbagai cabang olahraga pasti memiliki teknik yang dimulai dari tahapan paling mendasar. Seperti halnya dalam olahraga Tolak Peluru.

Berikut ini teknik-tenik dasar dalam olahraga Tolak Peluru beserta penjelasannya.


Memegang Peluru

Teknik dasar yang pertama yaitu teknik memegang peluru. Memegang peluru tidak boleh sembarangan, harus sesuai teknik yang harus dipelajari.

Berikut tahapan-tahapan cara memegang peluru dengan benar.

  • Renggangkan jari-jari tangan, lalu jari kelingking ditekuk letakkan di samping peluru. Agar dapat membantu peluru tidak mudah bergeser dari genggaman.
  • Jari-jari tangan agak rapat, dengan posisi ibu jari di samping dan jari kelingking berada di samping belakang peluru. Fungsi jari kelingking untuk menahan peluru agar tidak bergerak dan membantu menekan peluru saat ditolakkan.
  • Letakkan ibu jari dan kelingking dibelakang peluru atau di samping, sehingga dapat ikut menolak. Posisi tersebut berfungsi agar peluru tidak tergelincir ke arah luar atau ke dalam.

Menempatkan Peluru

Selain teknik menggenggam, ada juga teknik menempatkan peluru dengan tepat. 

Sebenarnya peluru tidak diletakkan di tepat di atas bahu, namun agak turun kebawah.

Pastikan bagian peluru berada di antara ibu jari dan jari telunjuk benar-benar melekat pada tulang selangka, dan rahang bagian bawah sedikit menempel ke peluru di bagian atas, lalu sudut ketiak terbuka sewajarnya.

Awalan

Teknik awalan merupakan teknik dasar yang wajib untuk dipelajari, lantaran teknik ini menjadi teknik kunci untuk persiapan jalannya pertandingan.

Berikut tahapan-tahapan teknik awalan dengan benar.

  • Pertama, kaki kanan ditempatkan lebih depan, dan kaki kiri di tempatkan kiri selebar badan, segaris dengan arah lemparan. 
  • Pegang peluru dengan tangan kanan, kemudian lutut kaki kanan dan tumit sedikit diangkat. Lalu, kaki kiri ayunkan ke depan dan ke belakang, disusul melakukan ayunan dengan menggeser ke arah lemparan dan peluru jangan sampai ikut bergeser.

Tolakan

Teknik tolakan merupakan teknik lanjutan setelah teknik awalan, dengan teknik ini akan menentukan berapa jauhkah tolakan peluru pemain.

Berikut tahapan-tahapan teknik tolakan dengan benar.

  • Pertama-tama, pinggul dan pinggang didorong ke atas depan, disertai badan diputar ke kiri dilanjutkan dengan tolakan peluru.
  • Kemudian, gerakan bahu lengan dan yang terakhir dengan jari-jari pandangan mata ke arah lemparan sudut tolakan 40 derajat.

Sikap Akhir

Teknik sikap akhir merupakan terakhir dan tidak kalah penting dalam olahraga tolak peluru.

Berikut tahapan-tahapan sikap akhir dengan benar.

Saat peluru lepas, badan dalam keadaan condong ke depan agar tidak jatuh keluar lapangan tolak peluru. 

Oleh karna itu, kaki kanan digerakkan ke depan bersamaan dengan kaki kiri dan mendarat kaki kiri ditarik ke belakang demikian pula lengan kiri untuk memelihara keseimbangan.


Semoga Bermanfaat!


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar