aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

7 Teknik Dasar dalam Olahraga Menyelam (Diving)

Teknik Dasar dalam Olahraga Menyelam atau Diving

Teknik olahraga sering diartikan sebagai tahapan atau cara yang dijadikan pedoman agar gerakan lebih mudah dipraktikkan dan mendapatkan hasil yang sempurna.

Cabang-cabang olahraga pasti memiliki teknik yang dimulai dari tahapan paling mendasar. Seperti halnya dalam olahraga Menyelam atau Diving.

Berikut ini teknik-tenik dasar dalam olahraga Menyelam atau Diving beserta penjelasannya.


Teknik Bernapas

Teknik dasar pertama dan paling utama yaitu teknik pernapasan yang benar. Teknik pernapasan yang baik dan benar adalah mengambil napas dalam dan perlahan.

Dengan melakukan teknik dengan baik dan benar, nantinya oksigen dapat mengalir ke seluruh peredaran darah. Dengan bernapas secara dalam dan perlahan juga dapat membantu untuk menenangkan diri.

Yang perlu diingat, pada saat menyelam tidak boleh panik dan juga harus meminimalisir gerakan agar dapat menghemat napas.

Teknik Berenang atau Pergerakan

Yang harus dipahami berikutnya yaitu teknik pergerakan atau berenang. Teknik pergerakan atau berenang dalam menyelam ini mengandalkan gaya dorong kaki. 

Usahakan ketika mendorong kaki jangan terlalu kencang atau cepat, karena akan menguras tenaga. Usahakan gunakan tenaga seminim mungkin untuk menghemat tenaga.

Ekualisasi

Teknik dasar berikutnya yaitu Ekualisasi. Teknik ekualisasi merupakan cara menghilangkan tekanan udara saat menyelam atau diving.

Caranya adalah dengan menjepit hidup dan menghembuskan udara melalui hidung. Cara lainnya yaitu dilakukan dengan menelan ludah atau menggerak-gerakan rahang.

Teknik ekualisasi disarankan dilakukan sebelum telinga merasakan sakit. 

Regulator Clearing

Teknik regulator clearing ini dilakukan saat selang mengalami kebocoran yang menyebabkan air masuk ke dalam. 

Terdapat dua cara untuk mengatasi hal ini. Pertama dapat menekan tombol purge, dan kedua dengan meniup regulator secara manual sampai air keluar.

Regulator Recovery

Kemudian ada teknik regulator recovery. Teknik ini dilakukan ketika mouthpiece terlepas saat menyelam. 

Dapat dilakukan dengan cara menggapai ujung regulator yang tersambung dengan tabung, lalu cari hingga bagian mouthpiece terpegang kembali.

Masker Clearing

Teknik masker clearing ini dilakukan ketika masker yang digunakan berembun.

Dapat datasi dengan melakukan masker clearing yaitu dengan cara memasukkan sedikit air melalui bagian atas masker.

Lalu, kocoklah air untuk menghilangkan embun dan buka sedikit bagian bawah masker sambil menghembuskan udara untuk mengeluarkan air.

Naik ke Permukaan

Teknik naik ke permukaan setelah menyelam dianjurkan dilakukan secara perlahan, tidak boleh terlalu cepat. 

Disarankan juga untuk melakukan safety stop, yaitu keadaan penyelam berhenti pada kedalaman 5 meter selama kurang lebih 5 menit.

Safety stop bertujuan untuk menetralisir kadar nitrogen dalam tubuh. Proses selama naik ke permukaan, harus juga memperhatikan seperti kondisi permukaan, mengetahui posisi kapal, dan melepas surface marker buoy.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar