aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Penting! Perbedaan Psikolog dan Psikiater yang Sering Membuat Bingung

Apa itu Psikolog?

Psikolog adalah orang ahli dalam bidang psikologi, yang mempelajari tingkah laku dan proses mental manusia.

Seorang psikolog menempuh pendidikan psikologi dan dilanjutkan dengan pendidikan profesi untuk mempelajari secara langsung sekaligus praktik lapangan.

Psikolog menyebut pihak yang ditangani sebagai klien.

Apa itu Psikiater?

Psikiater merupakan seorang dokter yang spesialis dalam hal kejiwaan. Karena basicnya adalah seorang dokter maka ia harus menempuh pendidikan dokter terlebih dahulu dan selanjutnya mengambil spesialis kejiwaan.

Seorang psikiater tidak hanya menangani gangguan jiwa berat, tetapi juga gangguan jiwa yang ringan.

Psikiater menyebut pihak yang ditangani sebagai pasien.

Apa Bedanya Psikolog dan Psikiater?

Banyak orang yang masih menganggap bahwa psikolog dan psikiater itu sama, namun ternyata terdapat perbedaan antara keduanya.

Pendidikan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa psikolog mengeyam pendidikan di fakultas psikologi. Sedangkan, psikiater melakukan pendidikan dokter baru kemudian mengambil spesialis kejiwaan.

Pengobatan

Psikolog melakukan diagnosis dengan tes psikologis dan mengobatinya dengan terapi psikologis. Sedangkan psikiater diperbolehkan menggunakan obat-obatan dalam memberikan perawatan.

Psikilog atau psikiater dulu?

Jika kamu mengalami gangguan mental yang menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari dan berdampak pada kesehatan fisik, sebaiknya tidak langsung ke psikolog atau ke psikiater.

Ada baiknya, kamu bisa konsultasi ke dokter umum terlebih dahulu agar dilakukan pengecekan terhadap keluhan yang sedang dirasakan. Selanjutnya, dokter umum tersebut bisa memberikan saran yang terbaik, entah ke psikolog atau psikiater.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar