aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Istilah-istilah dalam Olahraga Bola Sodok (Billiard)

Istilah-istilah dalam Olahraga Bola Sodok (Billiard)

Bola sodok atau billiard merupakan salah satu cabang olahraga yang tergolong dalam cabang olahraga konsentrasi.

Olahraga Bola sodok atau Billiard harus membutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil.

Didalam cabang olahraga Bola sodok atau Billiard terdapat beberapa istilah-istilah yang harus diketahui oleh setiap peserta ataupun penonton. Berikut ini istilah-istilah beserta penjelasan di dalam olahraga Bola sodok atau Billiard.

  • Ball in hand: Merupakan istilah untuk pemain yang memperoleh kesempatan untuk melakukan sodokan bebas yaitu meletakkan cue ball dalam posisi tertentu. Ball in hand berlaku apabila pemain lawan melakukan kesalahan atau foul.
  • Back spin: Istilah untuk cue ball yang putarannya berbalik arah, karena sodokan stik billiard mengenai daerah bagian bawah cue ball. Back spin akan membuat cue ball kembali ke area semula, setelah bersinggungan dengan pool ball.
  • Cue: Merupakan stik yang berfungsi untuk alat penyodok bola dalam permainan billiar. Stik terbuat dari kayu atau serat komposit dengan motif corak dan bentuk beragam.
  • Cue Ball: Istilah untuk bola billiard yang digunakan sebagai bola utama atau bola yang berfungsi sebagai media penghubung antara stik billiard dengan object ball atau bola target.
  • Chalk: Pelengkapan yang digunakan untuk melapisi bagian atas dari stik billiard, agar tidak terjadi slip pada persinggungan antara tip dengan cue ball. 
  • Draw shot: Merupakan teknik sodokan stik billiard pada cue ball yang mengakibatkan efek back spin.
  • English shot: Merupakan teknik sodokan stik billiard pada cue ball yang mengakibatkan efek spin samping atau memutar pada cue ball dan bola target. English dilakukan dengan cara menyodok bagian sisi kiri atau kanan cue ball, istilah lain di Indonesia yaitu efek.
  • Follow through shot: Merupakan teknik sodokan dengan memakai ayunan dorong pada titik atas dari cue ball. Sodokan tersebut akan menghasilkan putaran atas atau forward spin, dan mengakibatkan efek cue ball akan terus bergulir maju sesudah mengenai pool ball.
  • Missed cue: Merupakan istilah untuk stik billiard yang terpeleset ketika melakukan sodokan terhadap cue ball.
  • Object ball atau Pool ball: Istilah untuk bola biliard yang menjadi target singgungan dari cue ball untuk diarahkan ke posisi tertentu ataupun dimasukan ke dalam pocket.
  • Pocket: Merupakan istilah untuk kantung pada meja billiard yang fungsinya sebagai tempat masuknya bola billiard. Pocket pada meja billiard terdiri dari 6 buah (3 buah pada tiap sisinya).
  • Scratch: Istilah untuk cue ball yang masuk ke dalam pocket ataupun keluar dari meja. Scratch dapat dikatakan sebagai kesalahan atau foul dalam permainan billiard.
  • Safety shot: Merupakan trik yang bertujuan untuk bertahan dalam olahraga billiard, dilakukan dengan cara menempatkan pool ball pemain lawan pada posisi tertentu supaya pemain lawan tidak mempunyai celah atau kesempatan posisi bola yang terbuka.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar