aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

9 Teknik Dasar dalam Olahraga Hoki

Teknik Dasar dalam Olahraga Hoki

Teknik merupakan sebuah rangkaian cara yang dijadikan pedoman agar gerakan lebih mudah dipraktikkan dan mendapatkan hasil yang sempurna.

Pada cabang-cabang olahraga pasti memiliki teknik yang dimulai dari tahapan paling mendasar. Seperti halnya dalam olahraga Hoki.

Berikut ini teknik-tenik dasar dalam olahraga Hoki beserta penjelasannya.


Memegang Stick (The grip

Posisi kedua tangan memegang stick yaitu tangan kiri memegang bagian bawah ujung stick, segaris dengan bagian kepala stick atau kurang lebih 10 cm dari ujung stick menyesuaikan dengan tinggi badan pemain. 

Kemudian, posisi tangan kanan terletak sedikit di bawah atau rapat dengan tangan kiri dan pegang stick dengan erat.

Sikap Siap (The stance

Yang menandakan sikap siap di dalam permainan hoki yaitu posisi kedua kaki terbuka selebar bahu. Diiringi dengan lutut agak ditekuk dengan posisi badan sedikit condong ke depan dan pandangan mata selalu mengikuti arah bola. 

Untuk posisi tangan tetap memegang stick dan tetap siaga untuk melakukan stop bola atau merebut bola dari lawan. 

Penguasaan Bola (Ball control

Dapat dilakukan latihan mendorong bola ke depan sejauh 20 cm-30 cm, pada saat mengontrol bola. Dengan posisi kaki di tempat dan menarik bola ke belakang, lalu mendorong bola ke arah kiri dengan cara forehand dan arahkan ke kanan dengan cara backhand, dan membuat angka 8 menggunakan bola dengan cara mendorong bola ke depan kaki. 

Tapping 

Pada saat posisi tapping bola berada pada jangkauan stick dengan posisi di depan antara dua kaki atau depan kaki kiri. Lalu, tarik stick ke belakang sekitar 20 cm- 30 cm dari bola dan pukulkan stick ke arah bola.

Stopping 

Untuk teknik menghentikan bola, pemain melakukannya dengan stick yang dipegang oleh kedua tangan. Namun, bila terpaksa dapat dilakukan dengan menggunakan satu tangan saja. 

Teknik dalam menghentikan bola (stopping) ada dua, yaitu forehand stop dan backhand stop (reverse stop). 

Backhand Pass (The reverse stick pass

Dalam teknik backhand pass, apabila pemain akan mengoper atau menembak bola dari arah kiri ke kanan dan ingin memukul keras, yang harus dilakukan yaitu memutar badan terlebih dahulu dan lakukan teknik pukulan biasa.

Mendorong bola (Pushing

Teknik mendorong bola dapat dilakukan untuk operan jarak pendek, tetapi untuk pemain yang mahir dapat melakukan teknik ini untuk operan jarak jauh. 

Dribbling 

Saat melakukan teknik dribbling, posisi bola harus selalu dekat dengan stick sekitar satu meter di depan kaki atau sedikit ke samping kanan agar mudah melakukan operan atau tembakan ke gawang lawan.

Memukul (Hitting

Berlatih teknik memukul bagi pemula dapat melakukan gerakan hit dengan benar terlebih dahulu, tanpa bola. Saat melakukan tembakan, posisi bola harus berada di depan kaki kiri agar berat badan dapat ditransfer ke kaki kiri. Sehingga, dapat memberikan tenaga tambahan pada pukulan. 

Saat melakukan ayunan stick, alangkah baiknya lakukan ayunan pendek. Diiringi dengan timing yang tepat dan gerak lanjutan yang benar, agar dapat menghasilkan pukulan yang keras. Gerak lanjutan harus mengarah ke depan bukan ke atas. 


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar