aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Bowling

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Bowling

Dalam kegiatan berolahraga tidak cukup hanya mengandalkan kesiapan fisik saja, namun harus didukung dengan prasarana dan sarana yang memungkinkan olahraga tersebut dapat dilaksanakan dengan baik.

Pada setiap cabang olahraga memang secara khusus mempunyai prasarana dan sarana tersendiri. Demikian juga dalam cabang olahraga bowling. 

Berikut ini sarana prasarana dalam olahraga bowling beserta dengan penjelasannya.


Bola Bowling

Bola bowling yang digunakan terbuat dari karet, urethane, plastik, resin reaktif, atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut. 

Berat bola bowling yaitu 8 sampai 16 pound, dan terdapat tiga lubang untuk meletakkan ibu jari, jari tengah, dan jari manis.


Tas Bola Bowling

Tas pada olahraga bola bowling digunakan untuk membawa dan melindungi satu atau lebih bola bowling yang akan digunakan.


Aksesoris Bowling 

Aksesoris bowling antara lain yaitu krim anti-slip, alat pembersih peralatan dan perlengkapan bowling, handuk, dan sarung tangan bowling.


Sepatu dan Kaos Kaki

Sepatu bowling merupakan sepatu khusus pada bagian bawahnya terdapat semacam kulit pelapis sol, bertujuan agar tidak licin dan terpeleset saat melempar bola. 

Dan tak lupa juga menggunakan kaus kaki yang wajib dikenakan oleh pemain.


Lintasan Bowling

Lintasan bowling memiliki panjang 60 kaki (18,28 m) dan lebarnya 3,5 kaki (1,07 m) dengan 2 buah lajur gutter (seperti selokan) di kanan-kiri lintasan bertujuan agar bola bowling tidak keluar lintasan. 

Lintasan bowling terbuat dari kayu yang sangat halus sehingga membutuhkan pemeliharaan seperti pembersihan dan pemolesan.


Mesin Bowling

Mesin bowling digunakan untuk menempatkan dan menyusun pin bowling pada ujung lintasan setelah setiap frame.


Area Pemain 

Di dalam area pemain terdapat alat penyortiran bola di ujung lintasan, monitor komputer dan layar untuk menunjukkan poin yang didapat oleh pemain, kursi dan meja untuk pemain, dan rak bola bowling di samping kursi.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar