aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Istilah-istilah dalam Olahraga Air Diving (Menyelam)

Istilah-istilah dalam Olahraga Air Diving (Menyelam)

Diving merupakan salah satu aktivitas olahraga air. Untuk bisa melakukan kegiatan ini maka dibutuhkan skill dan peralatan khusus.

Cabang olahraga air ini sudah diperlombakan baik di dunia terutama di asia, bahkan cabang olaharga air ini selalu hadir di Asian Games sejak pertama kali ajang ini digelar. 

Didalam cabang olahraga Diving terdapat beberapa istilah-istilah yang harus diketahui oleh setiap peserta. Berikut ini istilah-istilah beserta penjelasan di dalam olahraga Diving.

1. Skin Diving/ Free Diving : merupakan diving yang dikerjakan hanya dengan gunakan peratalatan menyelam dasar, seperti snorkel, masker, dan fins. Diving jenis ini tidak gunakan tabung oksigen untuk mendukung pernafasan.

2. Scuba Diving : merupakan diving dengan peralatan selam lengkap dan profesional yang disebut SCUBA (Self Breathing Underwater Breathing Apparatus).

3. Nitrox Diving : sama layaknya scuba diving, penyelaman ini terhitung gunakan peralatan selam lengkap. Namun bedanya, kadar campuran oksigen dan nitrogen didalam tabung lebih banyak, supaya anda mampu menyelam bersama dengan selagi yang lebih panjang. 

4. Wet Suit : merupakan baju yang dipakai untuk menyelam yang terbuat dari bahan neophrene yang miliki rongga-rongga udara. Pakaian ini berfungsi untuk memelihara tubuh anda dari goresan-goresan dan memelihara suhu tubuh anda sepanjang menyelam sehingga nggak drop. 

5. Snorkel : merupakan alat bantu napas yang berupa pipa yang digunakan untuk mengambil napas tanpa mengangkat kepala keluar dari air.

6. Fins : merupakan istilah lain dari kaki katak, yang berfungsi untuk membantu memudahkan pergerakan kamu selama di dalam air.

7. BCD (Bouyancy Compensator Device) : merupakan rompi yang dipakai untuk menyelam, yang di dalamnya terdapat air cell, berfungsi untuk membantu mengatur energi apung sepanjang menyelam. 

8. Regulator : merupakan alat untuk pengubah tekanan udara tinggi pada tabung udara menjadi tekanan udara yang lebih rendah sesuai kebutuhan.

9. Depth Gauge : merupakan alat pengukur kedalaman saat diving.

10. Pressure Gauge : merupakan alat pengukur tekanan udara dalam tabung.

11. Tank Valve : merupakan alat yang terpasang pada mulut tabung udara yang berfungsi seperti pembuka dan penutup aliran udara dari dalam tabung.

12. Weight Belt : merupakan sabuk pemberat yang digunakan untuk mengatur daya apung, sehingga bisa menyelam ke bawah.

13. Dive Computer : merupakan alat bantu untuk perencanaan dan memonitor penyelaman. Biasanya, dipakai di pergelangan tangan karena bentuknya yang menyerupai jam tangan.

14. Alternate Air Souce : merupakan sumber udara cadangan yang biasanya berwarna kuning dan terpasang di rompi menyelam yang dipakai untuk berjaga-jaga.

15. Standing Front Entry: merupakan teknik untuk masuk ke didalam air bersama dengan berdiri dan melangkah dari pinggiran kapal, posisi badan agak dicondong ke depan. Pertama-tama, harus melangkah yang lebar dan melompat ke air. Saat telah menyetuh air, kaki mesti dirapatkan kembali supaya posisi selalu berada di permukaan. 

16. Sitting Front Entry : merupakan teknik masuk ke dalam air dengan cara duduk di pinggiran kapal, kaki menghadap air, lalu lompat ke dalam air.

17. Rear Roll Method : merupakan teknik masuk ke didalam air bersama badan menghadap ke didalam kapal sambil sedikit menunduk dan memegang masker serta mouthpiece, selanjutnya berguling ke belakang. Teknik ini kebanyakan dipakai saat mengunjungi spot menyelam bersama perahu kecil atau perahu karet untuk menjaga keseimbangan perahu.

18. Side Roll Method : merupakan teknik untuk masuk ke didalam air bersama dengan cara duduk sejajar di tepi kapal, selanjutnya berguling ke samping. Cara ini umumnya dipakai selagi dapat menyelam di kapal yang tengah melaju. 

19. Mask Clearing : merupakan teknik mengeluarkan air yang kebanyakan masuk ke dalam masker dengan cara menghembuskan udara dari hidung ke dalam masker sambil memegang bagian atas masker. Dengan begitu air dapat keluar dari bagian bawah masker yang dipakai. 

20. Buddy Diver : Teman Diving. merupakan menyelam adalah kegiatan beresiko tinggi. Maka dari itu, divingselalu dianjurkan bareng buddy diver.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar