aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

17 Pengertian Opini Publik Menurut Para Ahli

Pengertian Opini Publik Menurut Para Ahli

Secara etimologi, opini publik berasal dari bahasa Inggris yaitu public opinion. Sementara itu, public opinion berasal dari bahasa Latin yakni opinari dan publicus.

Opinari sendiri memiliki arti pikir atau menduga, sedangkan publicus artinya milik masyarakat luas.

Sehingga, secara sederhana opini publik dapat diartikan sebagai pikiran yang dihasilkan oleh masyarkat luas.

Pada artikel kali ini akan dibahas lengkap mengenai pengertian opini publik menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Cutlip dan Center

Pengertian opini publik menutut Cutlip dan Center adalah sekumpulan pandangan individu terhadap isu yang sama. 

2. Noelle-Neumann

Mendefinisikan opini publik sebagai sikap atau tingkah laku yang diperlihatkan individu kepada masyarkat luas jika dirinya tidak ingin terisolasi dalam hal kontroversial.

3. Frazier Moore (2004)

Arti opini publik adalah ungkapan keyakinan yang menjadi pegangan bersama oleh para anggota dalam kelompok, mengenai suatu masalah yang kontroversial menyangkut kepentingan umum.

4. Edward M.

Menurutnya opini publik itu tidak selalu masuk akal. Selain itu, opini publik juga tidak berbentuk, ambivalen, kontradiktif dan juga mudah berubah.

Akibatnya opini publik dipengaruhi hanya bisa berharap bahwa usahanya dari waktu ke waktu menunjukkan konsensus terhadap persepsi yang masuk terhadap isu yang sedang berkembang.

5. Emory Bogardus

Definisi opini publik merupakan hasil pengintegrasian pendapat berdasarkan diskusi yang dilakukan dalam masyarakat yang demokratis.

6. William Albiq

Menjelaskan bahwa opini publik merupakan suatu jumlah dari pendapat individu-individu yang didapatkan dari perdebatan.

Opini publik adalah hasil dari interaksi antarindividu dalam suatu masyarkat.

7. Leonardo W. Dood

Pengertian opini publik adalah suatu sikap individu-individu tentang persoalan dimana mereka merupakan bagian dari masyarakat yang sama.

8. Arifin (2010)

Mengungkapkan bahwa opini publik merupakan aktivitas untuk menyampaikan suatu keyakinan, nilai dan harapan oleh masyarakat untuk kepentingan dalam situasi tertentu.

9. George L. Bird & Freederick E. Merwin

Mengartikan opini publik sebagai penilaian sosial mengenai suatu hal yang penting dan berarti atas dasar pertukaran pikiran yang dilakukan seseorang dengan sadar dan rasional.

10. William G. Summer

Opini publik adalah kekuatan yang ada di masyarakat. Dimana kekuatan tersebut berasal dari pendapat perorangan, namun norma yang terdapat dalam masyarakat.

11. Astrid

Memaparkan bahwa opini publik adalah sifat umum yang diselidiki ilmu komunikasi merupakan bentuk kelompok sosial yang kolektif dan tidak permanen.

12. Satropoetro (1990:121)

Mendefinisikan opini publik sebagai suatu kesatuan pernyataan tentang hal yang mempunyai sifat kontroversial, merupakan suatu penilaian sosial.

13. Djoenasih S. Soenarjo

Arti opini publik adalah pendapat umum

14. M. O. Palapah (dalam Yulianita (1996:6)

Menurutnya opini publik merupakan pernyataan mengenai suatu masalah yang kontroversial.

15. Hennesy

Definisi opini publik adalah kompleksitas keyakinan yang dikemukakan oleh orang-orang tentang suatu masalah mengenai kepentingan umum.

16. D. Irish dan James W. Protho

Menjelaskan bahwa opini publik adalah ekspresi tentang sikap persoalan masyarakat. Hal tersebut meliputi 3 aspek, yaitu ekspresi, isu dan juga kemasyarakatan.

17. Clyde (1990:19)

Pengertian opini publik merupakan suatu penilaian sosial mengenai suatu persoalan yang penting, berdasarkan pada proses pertukaran yang sadar dan rasional.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar