aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Matriarki: Pengertian, Jenis-jenis, dan Contoh

Pengertian, Jenis-jenis, dan Contoh dari Matriarki

Dalam istilah sosiologi kata matriarki sudah lazim dikenal ketika mempelajari dalam lingkup keluarga.

Secara umum, matriarki hampir sama dengan patriarki. Namun perbedaannya matriarki merupakan sistem sosial di mana posisi sosial perempuan yang lebih tua mempunyai kekuasaan mutlak atas kelompok keluarga.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan mengenai pengertian, jenis, dan contoh dari matriarki.


Pengertian 

Matriarki ialah sistem sosial yang berarti perempuan yang lebih tua mempunyai kekuasaan mutlak atas individu dan kelompok keluarga dengan perluasan satu atau lebih seorang perempuan menggunakan tingkat otoritas yang serupa berdasarkan komunitas secara keseluruhan.

Adapun pengertian matriarki berdasarkan para ahli, antara lain sebagai berikut;

  • Merriam Webster, Matriarki yaitu keluarga, kelompok, ataupun negara bagian yang diperintah oleh seorang ibu pemimpin, dimana sebuah sistem organisasi sosial di mana keturunan dan warisan dilacak lewat garis perempuan.
  • Your Dictionary, Matriarki yakni suatu bentuk organisasi sosial di mana ibu diakui sebagai kepala keluarga atau suku, keturunan dan kekerabatan yang dilacak melalui ibu. Pemerintahan, peraturan, atau kekuasaan perempuan. Alhasil dalam kondisi ini kelompok perempuan dalam posisi kekuasaan, terutama dalam sistem sosial atau komunitas serupa itu.
  • Heide Gottner Abendroth, keengganan untuk menerima keberadaan matriarki mungkin didasarkan pada gagasan bias budaya tertentu tentang bagaimana mendefinisikan matriarki: karena dalam patriarki laki-laki menguasai perempuan, matriarki kerap dikonseptualisasikan sebagai perempuan mendominasi laki-laki, sementara ia yakin jika matriarki adalah egaliter.

Jenis-jenis

Berikut jenis-jenis susunan hierarki dalam matriarki.

  • Maternal centrality
  • Gender complementarity 
  • Gender triviality 
  • Gender unity 


Contoh 

Contoh dari penerapan sistem matriarki ada di Suku Khasi, India. Di dalam suku Khasi, Ibu dan ibu mertua adalah satu-satunya orang yang diizinkan menjaga anak. dan,

Kemudian, menurut The Guardian, pria atau laki-laki bahkan tidak berhak menghadiri pertemuan keluarga.

Jika wanita menikah di suku Khasi, nama belakang mereka diturunkan, tidak nama dari suaminya.

Wilayah yang menerapkan sistem matriarki berada di daerah bagian timur laut India, khususnya berada di Negara Bagian Meghalaya.


Semoga Bermanfaat!


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar