aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Keteraturan Sosial: Pengertian, Unsur, Faktor Pendorong

Pengertian, unsur-unsur, faktor pendorong keteraturan sosial

Setiap kelompok masyarakat pasti menginginkan agar bisa hidup damai dan harmonis pada lingkungan tertentu. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan menerapkan keteraturan sosial didalam masyarakat.

Keteratuan sosial menunjukkan kondisi sosial masyarakat serasi dan harmoni karena anggota masyarakat berperilaku sesuai nilai dan norma sosial yang berlaku.

Apa sih keteratuan sosial itu?

Berikut ini beberapa rangkuman tentang materi keteraturan sosial mulai dari pengertian, unsur-unsur, dan faktor pendorong keteraturan sosial.


Pengertian Keteratuan Sosial

Secara umum pengertian keteraturan sosial adalah keadaan dimana hubungan sosial yang berlangsung dengan selaras, serasi, dan harmonis sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku di kalangan masyarakat pada suatu wilayah.

Dengan adanya keteraturan sosial tentunya dapat menjadikan terciptanya lingkungan damai, harmonis, dan selaras satu sama lain. Jika semua masyarakat damai dan tentram, tentunya akan mempermudah terciptanya tujuan yang akan dibangun bersama.


Unsur Keteraturan sosial

1. Tertib Sosial

Tertib sosial menunjukkan kondisi kehidupan suatu masyarakat yang aman, dinamis, dan teratur di mana setiap individu bertindak sesuai hak dan kewajiban.

2. Order  

Unsur order menunjukkan sistem norma dan nilai sosial yang berkembang diakui, dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat.

Unsur ini dapat tercapai apabila ada tertib sosial dan setiap individu melaksanakan hak dan kewajibannya.

3. Keajekan  

Unsur keajekan menunjukkan suatu kondisi keteraturan yang tetap dan tidak berubah sebagai hasil dari hubungan antara tindakan, nilai, dan norma sosial yang berlangsung secara terus-menerus.

Keajekan bisa terwujud apabila setiap individu melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai sistem norma dan nilai sosial yang berkembang.

4. Pola  

Unsur pola menunjukkan corak hubungan yang tepat dan ajek dalam interaksi sosial yang dijadikan model bagi semua anggota masyarakat atau kelompok.

Unsur ini dapat terwujud atau tercapai ketika keajekan tetap terpelihara dalam berbagai situasi, misalnya dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat.


Faktor Pendorong Keteraturan Sosial 

Faktor pendorong terwujudnya keteraturan sosial sebagai berikut.

  • Adanya nilai dan norma sosial dalam struktur sosial.
  • Berfungsinya sistem pengendalian sosial dalam kehidupan masyarakat.
  • Dilaksanakannya proses sosialisasi untuk menerapkan nilai dan norma sosial dalam kepribadian individu.
  • Terdapat lembaga sosial yang mengorganisasikan seluruh kebutuhan dan aktivitas anggota masyarakat.
  • Individu atau kelompok wajib melanjutkan dan memahami peran nilai dan norma sosial secara regenerasi (proses internalisasi dan enkulturasi).

Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar