aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

11 Pengertian Bullying Menurut Para Ahli

Pengertian Bullying, Pengertian Bullying Menurut Para Ahli
Istilah bullying berasal dari bahasa Inggris, yaitu bull yang mempunyai arti banteng yang suka merunduk kesana kemari.

Secara etimologi dalam bahasa Indonesia, kata bully artinya penggertak, orang yang mengganggu orang lemah.

Untuk mengetahui lebih lanjut,

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian bullying menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Olweus (2005)

Menjelaskan bahwa bullying merupakan tindakan agresif yang disengaja, yang dilakukan sekelompok orang atau individu secara berulang-ulang dan dari waktu ke waktu terhadap korban yang tidak bisa mempertahankan dirinya dengan mudah, atau bisa juga dikatakan sebagai penyalahgunaan kekuatan atau kekuasaan secara sistematik.

2. Coloroso (2007)

Menyatakan bahwa bullying adalah tindakan intimidasi yang dilakukan pihak yang kuat kepada pihak yang lemah.

3. Ken Rigby

Menurutnya, bullying adalah hasrat untuk menyakiti. Hasrat ini diperlihatkan ke dalam tindakan, menyebabkan seseorang menderita. Aksi ini bisa dilakukan secara langsung oleh individu ataupun kelompok yang lebih kuat, tidak punya tanggung jawab, biasanya berulang dan dilakukan dengan rasa senang.

4. Wicaksana

Arti bullying yaitu kekerasan fisik dan psikologis dalam jangka waktu panjang yang diperbuat oleh individu maupun kelompok, terhadap seseorang yang tidak bisa membela diri dalam keadaan di mana ada keinginan untuk menyakiti atau menakut-nakuti orang itu atau membuat murung.

5. Fitria (2015)

Bullying, Pengertian Bullying Menurut Para Ahli

Mengungkapkan bahwa bullying berasal dari kata bully yang memiliki arti penggertak atau pengganggu orang lemah. Secara umum bullying diartikan sebagai perpeloncoan, pengucilan, penindasan, pemalakan dan sebagainya.

6. Liness

Definisi bullying adalah intimidasi oleh individu atau kelompok baik secara fisik, psikologis, emosional, sosial dan verbal yang dikerjakan secara terus menerus.

7. Sejiwa (2008)

Mengartikan bullying sebagai keadaan penyalahgunaan kekuatan fisik atau mental yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok, dan dalam keadaan ini korban tidak bisa membela diri.

8. Siswanti & Widayanti (2009)

Mendefinisikan bullying sebagai salah satu bentuk agresi, misalnya ejekan, hinaan dan ancaman yang seringkali merupakan sebagai suatu pancingan yang bisa mengarah ke perbuatan agresi.

9. KPAI (2014)

Bullying adalah kekerasan fisik dan psikolog yang berjangka panjang yang dilakukan individu maupun kelompok terhadap orang yang tidak mampu mempertahankan diri dalam keadaan dimana keinginan untuk melukai atau mengikuti orang membuat manusia tertekan, trauma, depresi atau tak berdaya.

10. Riauskina, Djuwita dan Soesetio (2012)

Pengetian bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan secara terus menerus oleh individu atau kelompok yang mempunyai kekuasaan terhadap yang lemah, dengan tujuan menyakiti orang lain.

11. Smith & Thompson (2012)

Menyebutkan bahwa bullying merupakan perbuatan yang sengaja dan menyebabkan kecederaan fisik serta psikologis bagi yang menerimanya.

Semoga bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar