aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

7 Pengertian Reformasi Menurut Para Ahli

Pengertian Reformasi, Pengertian Reformasi Menurut Para Ahli
Kata reformasi berasal dari re yang mempunyai arti kembali dan formasi yang artinya susunan. Jika digabung reformasi berarti menyusun kembali.

Dalam bahasa Arab, kata reformasi diartikan sebagai tajhid atau islah yang memiliki definisi melakukan pembaharuan sehingga menjadi sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya.

Reformasi pernah dilakukan di Indonesia pada masa pemerintahan presiden Soeharto yang telah berkuasa selama puluhan tahun. Hal tersebut terjadi karena tuntutan rakyat yang menghendaki perubahan.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian reformasi menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Sinambela, dkk.

Menjelaskan bahwa reformasi secara teoretis merupakan suatu perubahan yang mana secara ke dalaman relatif terbatas tetapi keleluasaan dalam perubahannya melibatkan seluruh elemen masyarakat.

2. Khan

Menurutnya, reformasi merupakan perubahan pokok dalam sistem birokrasi yang mempunyai tujuan untuk mengubah struktur, tingkah laku, keberadaan dan kebiasaan lama.

3. Sedarmayanti

Arti reformasi yaitu proses sistematis, terpadu dan komprehensif yang ditujukan untuk merealisasikan tata pemerintahan untuk lebih lagi (Good Governance).

4. Quah

Mengartikan reformasi sebagai proses untuk mengubah prosedur birokrasi publik dan sikap tingkah laku birokrat dalam rangka mencapai efektivitas birokrasi serta tujuan pembangunan nasional.

5. Samonte

Mengungkapkan bahwa reformasi merupakan perubahan dengan menggunakan perencanaan dan adopsi dalam rangka membuat sistem administrasi sebagai badan yang lebih efektif dalam hal perubahan sosial, sebagai instrumen yang baik untuk membawa persamaan politik, sosial dan perubahan ekonomi.

6. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Reformasi adalah perubahan secara drastis untuk perbaikan dalam bidang sosial, politik atau agama dalam suatu masyarakat atau negara.

7. Wikipedia

Menurut Wikipedia, reformasi secara adalah perubahan terhadap sistem yang telah ada pada suatu masa.


Semoga bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar