aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Pasar Duopoli: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Teori, Kelebihan dan Kekurangan serta Contoh

Pengertian Pasar Duopoli, Ciri-Ciri Pasar Duopoli, Jenis Pasar Duopoli, Teori Pasar Duopoli, Kelebihan dan Kekurangan Pasar Duopoli serta Contoh Pasar Duopoli

Secara sederhana pasar merupakan tempat bertemunya penjual untuk menjual produknya dan pembeli untuk membeli kebutuhan yang diinginkan.

Misalnya, kita ke pasar terdekat karena terkenal dengan pasar murah untuk membeli jajanan pasar.

Di pasar murah tersebut ada penjual yang menjual jajanan pasar dan kita sebagai pembeli yang ingin membeli jajanan pasar.

Dalam konteks yang lebih luas, terdapat banyak jenis pasar, misalnya pasar monopoli, pasar oligopoli dan pasar-pasar lainnya.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai salah satu jenis pasar oligopoli, yaitu pasar duopoli.

Apa yang kamu ketahui tentang pasar duopoli?

Jika belum, simak artikel ini sampai habis.

Mari kita mulai,,,

Pengertian Pasar Duopoli

Duopoli berasal dari kata Yunani δύο, duo (dua) dan πωλεῖν, polein (jual). Pasar duopoli yaitu pasar yang di dalamnya hanya terdapat dua produsen saja. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, duopoli adalah oligopoli yang terbit pada dua perusahaan yang menguasai seluruh penawaran satu jenis barang tertentu.

Sedangkan menurut OJK (Otoritas Jasa Keuangan), pasar duopoli merupakan keadaan pasar yang ditandai dengan adanya penawaran oleh hanya dua produsen.

Oleh sebab itu, setiap kebijakan atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan A misalnya akan mempengaruhi kebijakan perusahaan B. Pengaruh tersebut terjadi baik dalam hal penentuan harga, kapasitas produksi, kualitas produk, dan lain sebagainya

Pasar duopoli merupakan jenis dari pasar oligopoli paling sederhana.

Ciri-ciri Pasar Duopoli

  1. Terdapat dua produsen
  2. Ketergantungan masyarakat terhadap perusahaan cukup tinggi
  3. Mekanisme harga pasar duopoli ditentukan secara sepihak baik dengan kesepakatan maupun tidak
  4. Perusahaan baru sulit bersaing

Jenis Pasar Duopoli

Secara umum pasar duopoli mempunyai dua jenis, yaitu:

1. Pure duopoly - Duopoli murni

Terjadi apabila dua produsen menjual produk yang sama atau homogen.

2. Differentiated duopoly - Duopoli yang dibedakan

Terjadi apabila dua produsen menjual produk yang berbeda dan saling melengkapi satu sama lain.

Teori Pasar Duopoli

Terdapat dua teori yang umumnya dipakai, yaitu:

1. Teori Pasar Duopoli Cournot

2. Teori Kurva Permintaan Patah (Kinked Demand Curve)

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Duopoli

Setiap sistem pasar pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk pasar duopoli ini.

Kelebihan pasar duopoli adalah:

  1. Menguntungkan konsumen karena persaingan harga antar produsen
  2. Bisa mengurangi persaingan pasar yang tidak bermanfaat
  3. Lebih efisien karena jumlah produsen hanya dua

Kekurangan pasar duopoli, yaitu:

  1. Kemungkinan kolusi menjadi besar
  2. Perusahaan baru sulit masuk
  3. Masing-masing perusahaan diharuskan memperhatikan kebijakan saingannya
  4. Sulit berkompetisi
  5. Biasanya terdapat hak paten

Contoh Pasar Duopoli

1. Gojek vs Grab

2. AMD vs Intel

3. Apple vs Microsoft

4. iOS vs Android

5. Airbus vs Boeing

6. Marvel Comics vs DC Comics

7. Coca-cola vs Pepsi


Semoga bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar