aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Unsur-unsur Pencak Silat yang Wajib Diketahui

Istilah pencak silat telah digunakan pada tahun 1948 untuk mempersatukan aliran seni bela diri tradisional yang sedang berkembang di Indonesia. Di Jawa lebih dikenal dengan istilah "pencak", sedangkan di istilah "silat" lebih dikenal di Sumatera, Kalimantan dan Semenanjung Malaya.

Seiring dengan berjalannya waktu istilah "pencak" lebih menonjolkan unsur keindahan seni dalam gerakan. Sedangkan istilah "silat" pada ajaran bela diri untuk pertarungan.

Olahraga bela diri asli nusantara ini memang unik. Pencak silat mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh bela diri lain.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai unsur-unsur pencak silat.

Mari kita mulai...

Ada lima unsur dalam pencak silat yaitu, olahraga, beladiri, kesenian, pendidikan mental korahanian dan persaudaraan menuju persatuan.

Olahraga

Olahraga merupakan salah satu unsur dari pencak silat. Pencak silat dapat menjadi olahraga yang efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak gerakan melatih otot tubuh untuk terus berkembang.

Selain itu, ada pertandingan pencak silat sampai internasional yang bisa membuat prestasi dan membanggakan kedua orang tua.

Beladiri

Pencak silat mempunyai gerakan yang dapat digunakan untuk memperkuat naluri bertahan maupun menyerang. Teknik-teknik mematikan dapat digunakan untuk membela diri dari lawan.

Unsur pencak silat ini menjadi unsur yang penting dalam eksistensinya menjadi bela diri asli nusantara.

Kesenian

Di Indonesia banyak sekali aliran pencak silat dan mempunyai ciri khas masing-masing. Unsur pencak silat ini yang membuat pencak silat memiliki keindahan gerakan yang berpadu dengan irama yang harmonis.

Dalam kategori pertandingan pencak silat ada tiga kategori seni yang dipertandingan. Hal tersebut membuktikan bahwa pencak silat tidak hanya sebagai bela diri tetapi juga mempunyai gerakan seni yang indah.

Pendidikan Mental Kerohanian

Pendidikan dalam pencak silat tidak sebatas pada olahraga saja, atau dengan kata lain tidak sebatas menempa fisik saja. Tetapi juga rohani atau batin dalam diri pesilat.

Persaudaraan Menuju Persatuan

Menanamkan jiwa persaudaraan dalam diri pesilat menjadi hal utama untuk menuju persatuan yang diinginkan. Tidak ada musuh yang menentang agar semua hidup aman dan nyaman.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar