aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Fiber Optik: Pengertian, Fungsi, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan


Setiap data pasti membutuhkan media untuk mengirim dari satu komputer ke komputer lain. Seiring dengan berjalannya waktu dan kebutuhan manusia untuk berkomunikasi menjadi semakin besar, terciptalah kabel fiber optik untuk menunjang kebutuhan manusia tersebut.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian fiber optik, fungsi fiber optik, jenis fiber optik, kelebihan fiber optik dan kekurangan fiber optik.

Mari kita mulai...

Pengertian Fiber Optik

Fiber Optik atau serat optik adalah media transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik halus. Saking halusnya ukuran seratnya hanya berdiameter 120 mikrometer.

Fiber optik ini berfungsi mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkan dari satu titik ke titik yang lain dengan kecepatan yang sangat tinggi

Teknologi ini dikembangkan pada tahun 1960 sebagai solusi untuk sistem komunikasi yang semakin hari semakin membutuhkan bandwith semakin besar dengan kecapatan yang tinggi juga.

Fungsi Fiber Optik

Fungsi kabel fiber optik adalah menghubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lain dalam wilayah tertentu, bisa antar pulau bahkan sampai antar benua.

Mengapa kabel ini bisa mengirim data sampai antarbenua?

Karena kabel fiber optik mempunyai kecepatan transmisi yang sangat cepat, sampai gigabit per detik. Maka dari itu tidak heran jika kabel ini digunakan untuk transmisi data dalam jangkauan yang luas.

Pengguna kabel ini juga tidak sembarangan, dengan kecepatan seperti itu ada harga yang harus dibayar, tentunya tidak murah. Oleh sebab itu, penggunanya mayoritas adalah perusahaan komunikasi berskala besar.

Jenis-jenis Fiber Optik

1. Single mode fiber
Single mode fiber (SMF) atau fiber mode tunggal merupakan jarungan yang hanya mempunyai transmisi tunggal.

Mempunyai ukuran inti berdiameter kurang lebih 9 mikrometer. Karena mempunyai ukuran yang kecil memungkinkan hanya mampu merambatkan satu cahaya.

2. Multi mode fiber
Multi mode fiber (MMF) atau fiber optik multi mode merupakan jenis kabel fiber optik yang mentransmisikan banyak cahaya dalam waktu yang bersamaan.

Mempunyai ukuran inti berdiameter kurang lebih 625 mikrometer. Karena mempunyai ukuran lebih besar sehingga dapat mentransfer data lebih banyak dalam waktu yang bersamaan.

Kelebihan Fiber Optik

(+) Kecepatan data tinggi
(+) Jangkauan sangat luas
(+) Mempunyai ukuran relatif kecil dan fleksibel dibandingkan dengan kabel jenis lain
(+) Karena tidak menggunakan listrik, kabel ini bebas dari gangguan sinyal elektromagnetik, sinyal radio dan mempunyai ketahanan yang kuat
(+) Kemungkinan hilangnya data rendah
(+) Tidak akan terjadi konsleting karena tidak menggunakan listrik. Keamanan terjamin

Kekurangan Fiber Optik

(-) Biaya yang lebih mahal termasuk dalam urusan perawatan
(-) Membutuhkan sumber cahaya yang lebih kuat
(-) Penempatan kbel fiber optik biasanya pada jalur berbelok untuk memaksimalkan kecepatan dan kelancaran transmisi cahaya

Semoga bemanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar