aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

5 Langkah Mudah Membuat Desinfektan Menggunakan Cairan Pembersih Pakaian

Mudah Membuat Desinfektan Menggunakan Cairan Pembersih Pakaian

Agar tetap steril ketika masuk rumah di tengah pandemi corona ini? Yuk simak!

Selain mencuci tangan, dan penggunaan hand sanitizer. Ternyata penggunaan ternyata penggunaan disinfektan juga diperlukan. Hal ini bertujuan untuk membunuh berbagai jenis virus dan bakteri di sekitar kita, termasuk coronavirus.

Dalam keadaan saat ini tak dipungkiri, pasti stok barang ini di supermarket telah habis diburu oleh konsumen. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kalau kita membuat sendiri dari rumah, yang terbilang bahannya mudah untuk dicari.

Sebelumnya apa itu Desinfektan?
Menurut KBBI, Desinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi oleh jasad renik, atau perngertian lain sebagai obat untuk membasmi kuman pemnyakit.

Disinfektan biasanya digunakan untuk membersihkan permukaan benda-benda yang paling sering disentuh orang banyak. Contohnya, gagang pintu, meja, kursi, keran wastafel, lemari, dan lain-lain.

Berikut hal-hal yang diperhatikan sebelum membuat cairan desinfektan:

  • Buka jendela dan pintu untuk sirkulasi udara. Karena cairan pemutih dapat mengeluarkan zat atau uap yangd apat membahayakan tubuh
  • Jangan campur cairan pemutih dengan larutan selain air
  • Diusahakan diganti atau mengganti cairan setiap harinya, untuk mendapatkan khasiatnya. karena ketika cairan ini jika terkena sinar matahri langsung akan cepat hilang khasiatnya.
Setelah hal diatas diperhatikan, langsung saja ke langkah-langkah pembuatannya:

1. Pertama, Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Yang tediri dari cairan pemutih pakaian, air 1L, tempat(panci/lainnya), sendok, semprotan, kain/kanebo.
alat dan bahan untuk membuat cairan desinfektan dengan mudah dirumah

2. Lalu, takar pemutih pakaian sebayak 30 ML atau lebih mudahnya menggunakan takaran tutup botol sebanyak .4 takaran tutup botol. Kemudian tuangkan kedalam wadah yang telah kita siapkan.

3. Lalu ambil 1L air dan tuangkan kedalam wadah yang berisi pemutih pakaian tadi.

4. Kemudian, aduk menggunakan sendok. Gunakanlah bagain gagang sendok untuk mengaduknya.

5. Setelah tercampur, kemudian bisa kalian gunakan kain lap/kanebo untuk mengusap kebagian benda yang sering disentuh, atau dengan cara menyemprotkan dengan menungkan cairan tadi ke wadah semprotan.

Nah, itu tadi langkah-langkah pembuatan cairan desinfektan sendiri dengan menggunakan cairan pemutih pakaian. Apa bisa menggunakan cairan lain selain pemutih pakaian? Tentu saja bisa asalkan terdapat kandungan zat sodium hipoklorit.

Sekian tutor dari admin, Semoga Bermanfaat!





Related Posts

Related Posts

Posting Komentar