aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

7 Makanan Enak yang Ternyata Mengandung Kolesterol Tinggi

Kolesterol Tinggi, Makanan, Daftar

Setiap orang pasti ingin makan makanan yang enak setiap harinya. Pagi, siang dan malam akan terasa bahagia jika bisa memakan makanan yang disukai. Tetapi pertimbangan gizi pada makanan juga sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tubu.

Kandungan zat seperti kolesterol membutuhkan pertimbangan yang lebih. Pada jumlah yang normal, kolesterol berfungsi sebagai prekusor untuk banyak hormon seperti hormon testosteron dan hormon esterogen.

Kolesterol juga berfungsi sebagai pembentuk asam empedu serta membantu mencerna lemak dalam tubuh.

Namun, kadar kolesterol yang tinggi akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri yang disebabkan oleh plak dan pengerasan pada dinding pembuluh darah arteri.

Baca Juga :



Jika dibiarkan berlama-lama dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner ditandai dengan nyeri pada dada.

Mengingat resiko kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh sangat berbahaya, kalian perlu menjaga kesehatan. Salah satunya dengan menjaga pola makan.

Dengan mengatur dan selektif dalam memilih makanan kemungkinan untuk terkena kolesterol menjadi rendah.

Berikut kami sediakan daftar 7 makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi.

1. Ikan Sarden

Ikan sarden merupakan nama ikan yang diambil dari nama pulau yang ada di Mediterania, yaitu Pulau Sardinia. Yang mana disana terdapat ikan sarden yang sangat banyak.

Kandungan kolesterol yang ada di dalam ikan sarden sekitar 131 mg per 92 gram. Jika dikonsumsi secara instan atau dalam kaleng yang telah diproses secara kimiawi. Jumlah kolesterol tentunya akan naik. Ditambah lagi dengan adanya minyak goreng.

Di dalam ikan sarden juga terdapat kandungan gizi yang pastinya bagus untuk tubuh. Seperti vitamin D, vitamin B12, vitamin E, zat besi, magnesiu,, kalsium dll.

2. Hamburger

Makanan instan yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Makanan ini berbahan dasar roti berbentuk bundar dengan isian yang ada ditengah. Isian hamburger terdiri dari daging, tomat, bawang bombay dan bisa disesuaikan dengan selera.

Hamburger mempunyai kandungan lemak jenuh yang tinggi yang dapat mengakibatkan kolesterol naik. Mengkonsumsi makanan cepat saji secara terus menerus tidak dianjurkan.

3.  Hati

Untuk kalian yang suka makan hati harus lebih mengontrol jumlah hati yang hendak dimakan. Pasalnya kandungan kolesterol jahat dalam hati sekitar 400 mg dalam 100 gram hati sapi.

Umumnya kebutuhan harian manusia sekitar 300 mg.

Jumlah kolesterol dalam hati sapi setiap 100 gram nya sudah melebihi jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Lobster

Makanan seafood yang satu ini memiliki rasa yang sangat lezat. Apalagi kalau cara memasaknya dengan digoreng. Nikmat yang sesungguhnya.

Namun dibalik kenikmatan lobster itu, terdapat kolesterol yang dapat mengancam kesehatan kalian. Dalam 100 gram daging lobster terdapat 200 mg kolesterol.

Kalian boleh memakannya, asalkan jangan berlebihan.

5. Ayam Goreng

Makanan yang sudah sangat familiar bagi orang Indonesia. Cocok dimakan saat kapan saja dan dimana saja.

Karena cara mengolah ayam ini cukup mudah dan tidak terlalu banyak cara. Salah satunya dengan cara digoreng. Ayam goreng mempunyai fans sendiri dikalangan tertentu.

Namun, pengolahan ayam yang digoreng akan meningkatkan kadar kolesterol karena kandungan air di dalam ayam akan hilang karena digantikan oleh minyak.

6. Tiram

Tiram merupakan kelompok dari kerang-kerangan yang termasuk makanan laut. Di dalam tiram terdapat kandungan zinc yang sangat bagus untuk tubuh.

Manfaat zinc antara lain adalah sebagai penyembuhan luka, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu pertumbuhan sel.

Tiram juga memiliki kolesterol yang cukup tinggi sekitar 206 mg. Jangan berlebihan dalam memakan tiram. Apalagi jika kalian alergi terhadap makanan laut, usahakan untuk menghindari.

7. Es Krim

Siapa yang tidak suka dengan es krim. Hampir dapat dipastikan es krim cocok untuk semua kalangan. Apalagi dimakan saat siang dengan terik matahari yang menyengat. Kesegaran dari es krim dapat menjadi penyejuk.

Tetapi, ternyata es krim memiliki kandungan kolesterol yang tinggi sekitar 47 mg per 100 gram. Jumlah yang cukup banyak.

Kalian dapat mengganti es krim dengan jus buah dingin.

DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar