aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Macam-Macam Ukuran Turbin Ventilator

Turbin Ventilator Vector, Turbin Ventilator, Vector, Vektor, Pengertian Turbin Ventilator, Fungsi Turbin Ventilator, Cara Kerja Turbin Ventilator, Kelebihan Turbin Ventilator, Kekurangan Turbin Ventilator, Macam-macam Turbin Ventilator
Halo teman-teman, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang pengertian turbin ventilator, fungsi turbin ventilator, cara kerja turbin ventilator, kelebihan turbin ventilator dan macam-macam ukuran turbin ventilator.

Oke langsung saja kita ke pengertian turbin ventilator.
Pengertian turbine ventilator adalah alat sejenis exhaust fan atau roof fan, dimana fungsi alat tersebut adalah menghisap udara panas, debu, dan juga berfungsi sebagai alat ventilasi atau sirkulasi udara.

Lalu apa fungsi dari turbin ventilator?
Fungsi dari turbin ventilator sendiri adalah mengatasi masalah udara panas, pengap, dan kotor dari dalam ruangan serta mengurangi kelembaban. Masalah seperti itu biasanya terdapat pada pabrik-pabrik dan rumah di perkotaan.

Bagaimana cara kerja turbin ventilator?
Turbine Ventilator akan berputar hanya dengan hembusan angin yang lemah sekalipun, tetapi juga mampu menahan angin berkecepatan tinggi.

Berputarnya Turbine Ventilator juga disebabkan karena adanya perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar ruangan, dimana secara alamiah udara panas di dalam ruangan akan mengalir dan menekan keluar melalui sirip-sirip turbine dan membuat Turbine Ventilator otomatis berputar. Dengan demikian ada atau tidak ada angin, Turbine Ventilator akan selalu berputar menghisap udara panas dalam ruangan.

Prinsip turbin ventilator itu adalah thermosiphon, yaitu dia berputar berdasarkan tekanan dan aliran udara panas yang ada didalam rumah.

Bahwa udara bergerak dan mengalir dari suhu rendah ke suhu yang lebih tinggi dan ini akan menyebabkan force draft udara panas.

Jika ventilasi udara dalam rumah baik maka suhu udara dalam rumah akan normal. tetapi jika dalam rumah masih terasa panas, maka perlu adanya bukaan atau ventilasi atau buangan angin yang memadai.

Rumah menjadi panas dapat dipengaruhi oleh panas radiasi yang keluar dari plafon yang behubungan langsung dengan atap rumah. nah disinilah fungsi turbin ventilator bekerja.

Uap panas yang ada didalam atap akan dibuang berdasar prinsip thermoshipon. yaitu berputar nya turbin karena tekanan uap panas dari dalam atap. sehingga jika di plafon diberi saluran udara atau bukaan langsung ke atap maka aliran udara panas akan menuju atap melalui bukkan plafon dan akan direlease/dilepas melalui turbin ventilator.

Apa kelebihan turbin ventilator?

Kelebihan sistem ini sebenarnya adalah mengurangi penggunaan listrik untuk menyedot udara dan membuangnya karena memakai sistem penggerak angin, jadi hemat energi. 
namun hal ini akan jadi tidak efektitf ketika rumah agan berada di lingkungan padat yang tidak ada angin sama sekali

Indikasi efektifitas TV ini bisa dilihat pada suhu ruangan dibawah atap/dalam rumah akan turun secara signifikan. dan kondisi attic (ruang antara plafon dan atap) akan kering. dan lebih dingin. karena biasanya kondisi iklim di indonesia yang ber humidity tinggi akan menyebabkan attic akan lembab dan basah jika rangka atap terbuat dari bahan kayu

  
Daya hisap yang dihasilkan masing-masing turbin ventilator berbeda tergantung ukuranya. Berikut adalah daftar ukuran dan daya hisap turbin ventilator :

1. TURBIN VENTILATOR UKURAN 18 Inc.
  1. Berdiameter luar 45 cm,
  2. Berdiamensi ukuran 75 x 68 x 68,
  3. Berat alumunium 4,5 kg,
  4. Berat stainless stell 8,5 kg,
  5. Kapasitas Hisap : 42,39 m3 /menit
2. TURBIN VENTILATOR UKURAN 24 Inc.
  1. Berdiameter luar 60 cm,
  2. Berdiamensi ukuran 100 x 86 x 86,
  3. Berat alumunium 8,5 kg,
  4. Berat stainless stell 13,5 kg,
  5. Kapasitas Hisap : 75,36 m3 /menit
3. TURBIN VENTILATOR UKURAN 30 Inc.
  1. Berdiameter luar 75 cm,
  2. Berdiamensi ukuran 120 x 100 x 100,
  3. Berat alumunium 13,5 kg,
  4. Berat stainless stell 19,5 kg,
  5. Kapasitas Hisap : 117,75 m3 /menit
4. TURBIN VENTILATOR UKURAN 36 Inc.
  1. Berdiameter luar 90 cm,
  2. Berdiamensi ukuran 140 x 130 x 130,
  3. Berat alumunium 19,5 kg,
  4. Berat stainless stell 27 kg,
  5. Kapasitas Hisap : 169,56 m3 /menit.
5. TURBIN VENTILATOR UKURAN 42 Inc.
  1. Berdiameter luar 105 cm,
  2. Berdiamensi ukuran 148 x 134 x 134,
  3. Berat alumunium 21 kg,
  4. Berat stainless stell 30 kg,
  5. Kapasitas Hisap: 222 m3 /menit.


Itu saja yang dapat kami berikan mengenai  pengertian turbin ventilator, fungsi turbin ventilator, cara kerja turbin ventilator, kelebihan turbin ventilator dan macam-macam ukuran turbin ventilator.


Terima kasih dan semoga bermanfaat!!!

Related Posts

Related Posts