aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

5 Contoh Liabilitas Lancar yang Perlu Diketahui

Contoh Liabilitas Lancar Perusahaan yang Perlu Diketahui

Jenis liabilitas yang dalam perusahaan yaitu liabilitas lancar dan tidak lancar yang semuanya memiliki perbedaan namun saling mempunyai keterkaitan.

Liabilitas lancar merupakan liabilitas (kewajiban utang yang harus dibayarkan dimasa mendatang) yang diharapkan untuk selesai dalam kurun waktu satu tahun.

Berikut ini beberapa contoh liabilitas lancar dalam perusahaan yang harus diketahui.

Utang Jangka Panjang yang Telah Jatuh Tempo

Utang jangka panjang yang telah mendekati jatuh tempo dapat digolongkan ke dalam utang lancar. 

Jika utang jangka panjang yang telah mendekati waktu jatuh tempo tidak lebih dari satu tahun, maka tergolong dalam kategori utang jangka panjang.

Didalam pencatatan utang jenis ini umumnya masuk dalam jurnal khusus penyesuaian milik perusahaan.

Utang Usaha

Utang usaha berhubungan dengan utang yang dipakai untuk keberlangsungan usaha dengan jangka pengembalian kurang dari satu tahun.

Utang usaha dapat berbentuk utang piutang dengan sesama perusahaan, dan utang ini juga dapat berupa transaksi jual beli yang dijalani secara langsung dengan pelanggan.

Utang Pajak

Terkadang perusahaan membayar pajak melebihi jatuh tempo. Utang pajak memang harus segera dibayar di akhir periode.

Pajak perusahaan tidak boleh ditangguhkan dalam jangka waktu satu tahun lebih. Pajak adalah kewajiban wajib dipenuhi yang berhubungan dengan pemerintah.

Wesel Bayar

Dalam dokumen transaksi perusahaan tidak terus menerus dilakukan secara tunai, terkadang juga menggunakan alat pembayaran lain.

Salah satu alat pembayaran yang digunakan yaitu wesel. Wesel tentunya harus dibayar sebelum akhir periode pencatatan keuangan perusahaan.

Wesel merupakan kewajiban wajib dibayar atas transaksi yang telah dilakukan dan ditanggung pihak ketiga. Wesel bayar yaitu utang wesel yang sudah jatuh tempo dari beragam jenis wesel.

Utang Gaji

Kadang karyawan dalam mendapatkan gaji tidak dibayar secara langsung oleh perusahaan. Gaji karyawan kadang diberikan dalam waktu tiga bulan sekali. 

Gaji karyawan tentunya harus dibayar sebelum dilakukan pencatatan akhir tahun. Utang gaji karyawan masuk dalam utang lancar. 


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar